5 Juta Warga Negara Arab Saudi Miskin

Kamis, 30 Jan 2014

JAKARTA (Pos Sore) — Menjadi negara kaya penghasil minyak di dunia Arab Saudi berada di peringkat pertama produksi minyak di dunia sejak tahun 70 an ternyata tidak bisa menghilangkan angka kemiskinan di negara tersebut, tercatat jumlah warga miskin di Saudi justru bertambah pada 2013.

Menurut beberapa organisasi non-pemerintah, jumlah penduduk miskin di Arab Saudi mencapai 5 juta warga atau 25% dari Saudi dari sekitar 20 juta warga Arab Saudi.

Dalam laporan Laporan Pembangunan Manusia tahun 2013, pemerintah tidak mencatatkan berapa jumlah warga yang tergolong miskin dan rawan miskin di Arab Saudi. “Tercatat Saudi menempati peringkat 57 dari 186 negara dalam Indeks Pembangunan Manusia di tahun lalu,” demikian di lansir eramuslim.com.

Di kutip surat kabar Riyadh dari laporan badan intelejen AS “CIA” menunjukan bahwa angka kemiskinan di Arab Saudi 12,5 % dari jumlah total penduduk pada tahun 2003 lalu.

Melonjaknya jumlah warga miskin di Arab Saudi secara tidak langsung dapat tercemin dari meningkatnya jumlah anggaran untuk program pengentasan kemiskinan, alokasi anak yatim dan orang-orang dengan kebutuhan khusus serta jaminan sosial di tahun 2014 sebesar 29 miliar riyal Saudi (7,7 miliar dolar Amerika).(fent)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015