Anggota DPR Sering Absen Rapat Komisi

JAKARTA (Pos Sore) — Sebagian besar anggota DPR RI sudah tidak peduli dengan tugasnya sebagai wakil rakyat. Buktinya, mereka semakin sering absen dalam rapat-rapat komisi yang dilakukan.

Contohnya, rapat Komisi IV DPR RI yang dilakukan, Rabu (5/2). Dari 50 lebih anggota Komisi IV DPR RI, hanya hadir tiga orang yakni Firman Subagyo (Wakil Ketua/Partai Golkar), Ibnu Multazam (Wakil Ketua/PKB) dan Agung Gelantik Sanjaya (anggota/Gerindra).

Memang setiap menjelang Pemilu Legislatif (Pilige) tingkat kehadiran para anggota dewan yang katanya terhormat itu semakin sedikit. Mereka sepertinya sudah mengabaikan tugasnya sebagai wakil rakyat dan lebih memetingkan ke Daerah Pemilihan (Dapil) untuk mencari suara menghadapi pemilu mendatang.

“Contohnya, rapat Komisi IV DPR RI yang dilakukan, Rabu (5/2). Dari 50 lebih anggota Komisi IV DPR RI, hanya hadir tiga orang yakni Firman Subagyo (Wakil Ketua/Partai Golkar), Ibnu Multazam (Wakil Ketua/PKB) dan Agung Gelantik Sanjaya (anggota/Gerindra).”

Rabu (5/2), Komisi IV DPR RI dijadwlkan rapat dengan Asosiasi Pengusaha Hutan, Asosiasi Ilmu Tanah Indonesia dan Asosiasi Mayarakat Konservasi Tanah. Jumlah tamu dari ketiga asosiasi itu lebih banyak dibanding anggota dewan yang hadir.

Hal serupa juga terjadi ketiga Komisi IV DPR RI melakukan rapat dengan Kementerian Pertanian (Kementan) hari sebelumnya. Yang hadir juga tiga orang.

Firman tidak mengetahui kenapa pasukannya tidak hadir dalam rapat itu. Padahal, anggota dewan yang terhormat ini dibiayai negara dan mendapatkan fasilitas yang boleh dikatakan wah. Namun, mereka sepertinya tidak mengerti atau paham dengan tugasnya sebagai wakil rakyat. Mereka malah blusukkan mencari dukungan agar terpilih bisa kembali dudk sebagai anggota dewan. (akhir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share this product!