Pengungsi Sinabung Dilatih Keterampilan

Rabu, 5 Feb 2014

JAKARTA (Pos Sore) — Bagaimana caranya agar pengungsi gunung Sinabung tidak ada yang menganggur dan tak merasa jenuh atau bosan di pengungsian? Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pun mengandeng sejumlah kementerian untuk memberikan solusi.

“BNPB selaku komando Satgasnas selain memberikan bantuan dana siap pakai, bantuan logistik-peralatan dan pendampingan penanganan darurat, juga telah mengkoordinasikan KL untuk terus memberikan dukungan dan bantuan bagi penanganan bencana erupsi Sinabung,” kata Sekretaris Utama BNPB, Fatchul Hadi, Rabu (5/2).

Sejumlah solusi pun dihasilkan. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, misalnya, akan mengisi kegiatan kemanusiaan di pengungsian seperti melukis, mendongeng, pelatihan kuliner, dan sekolah darurat. Pengungsi akan diajarkan membuat kerajinan tangan dan dibuat trademark Sinabung, sehingga masyarakat tidak mengalami kejenuhan.
 
Sementara itu, Kementerian Sosial memberikan bantuan kebutuhan dasar kepada masyarakat pengungsi, seperti menyiapkan layanan pendampingan psiko-sosial, termasuk mobilisasi 248 tagana yang berasal dari wilayah Sumatera Utara.

Dari Kementerian Pendidikan Nasional akan memberikan bantuan beasiswa, BOS, dan pemulihan layanan pendidikan mulai tingkat dasar sampai dengan perguruan tinggi. Kementerian Agama juga akan memberikan bantuan beasiswa, BOS bagi siswa pendidikan keagamaan dengan besaran yang sama dengan Kemendiknas. (tety)