FITRA Tak Yakin BK DPR Tindak Anggota Pembolos

Kamis, 6 Feb 2014

JAKARTA, (Pos Sore) —  Pengamat parlemen, Uchok Sky Khadafi dari Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) tidak yakin Badan Kehormatan (BK) DPR RI menindak anggota dewan yang tidak hari dalam rapat komisi. 

“Salah satu tugas BK memang itu. Tapi, saya tidak yakin BK bakal menindak para anggota DPR yang bolos,” kata Uchok, Kamis (6/2).

Persoalannya, kata Uchok, BK DPR tersebut diisi orang-orang dari fraksi yang notabene juga teman satu fraksi dengan anggota dewan yang bolos. “Mana mungkin anggota BK mau menindak anggota dewan yang bolos dari rapat komisi,” jelas Uchok.

Seperti diketahui, dalam acara komisi dengan patner kerjanya, Rabu (5/2), banyak anggota DPR yang tidak ikut rapat. Di komisi IV misalnya, rapat Komisi dengan pemerintah hanya dihadiri dua pimpinan Komisi IV dan satu anggota. Padahal, anggota Komisi IV lebih dari 50 orang dari sembilan fraksi yang ada.

Hal serupa juga terjadi di komisi lainnya. “Hal seperti ini sudah biasa terjadi menjelang pemilu. Para anggota dewan itu lebih memilih turun dapil untuk mencari dukungan rakyat dari pada rapat komisi.” (akhir)