12.1 C
New York
25/02/2020
Aktual

Forum Rektor Usulkan Rumusan GBHN

SOLO (Pos Sore) — Pertemuan Forum Rektor Indonesia (FRI) di UNS Surakarta menghasilkan sebanyak 8 rumusan. Di antaranya FRI mendukung langkah MPR menyelenggarakan kedaulatan rakyat dalam perencanaan pembangunan nasional.

“Dalam hal ini FRI memiliki pandangan perlunya amandemen UUD 1945 dan rumusan pembangunan nasional semacam Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN),” kata Ketua FRI Prof Dr Ravik Karsidi, Kamis (6/2).

“Selama ini memang ada pemikiran dari para rektor, jika perguruan tinggi bisa bergabung ke dalam Kemenristek, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)”

Dengan adanya GBHN, lanjut Prof Ravik, pembangunan nasional bukan berpijak pada program kerja presiden atau partai politik pemenang selama ia berkuasa. “Namun mengacu pada blueprint pembangunan nasional yang dilaksanakan oleh siapapun pemimpin negara terpilih,” jelas Rektor UNS tersebut.

FRI juga mendorong perguruan tinggi untuk bergabung dengan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek). “Hal ini sebagai upaya peningkatan otonomi PT dengan lebih berfokus pada pengembangan riset dan teknologi,” jelasnya.

Dijelaskan, selama ini memang ada pemikiran dari para rektor, jika perguruan tinggi bisa bergabung ke dalam Kemenristek, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), maupun Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) maka dua tugas utama perguruan tinggi yakni riset dan pengabdian masyarakat bisa lebih berkembang. (dra)

Related posts

86 Rumah Warga Sukoharjo Rusak Diterjang Angin

Tety Polmasari

Sesmenkop UKM Sumbang Suara di Album ‘The Harmony of Ismail Marzuki’

Tety Polmasari

Abid Marzuki: 25 Tahun STAI Attaqwa Momentum Menyegarkan Visi

aryo pakudewo

Leave a Comment