Penyanyi Terkenal India Masuk Islam

Jumat, 21 Feb 2014
Penyanyi terkenal India, Hans Raj Hans

NEW DELHI — Seorang penyanyi terkenal India, Hans Raj Hans dikabarkan masuk Islam. Namun tentang  perpindahan agama itu masih simpang siur. Bila terbukti benar, Raj Hans adalah musisi kedua yang masuk Islam hanya dalam waktu seberita pekan.

Kabar tentang Hans menjadi mualaf muncul di media massa Pakistan dan India. Beberapa di antaranya mengkonfirmasikan dan sebagian lagi membantah.  “Saya mendengarkan panggilan hati dan memutuskan masuk Islam,” kata Hans Raj Hans seperti dikutip kantor berita  Pakistan INP Kamis.

“Kita mesti mengikuti ajaran Islam sebagai agama penuh damai dan cinta kasih,” kara Hans yang juga Sekjen  Shiromani Akali Sal (SAD), sebuah partai politik beraliran Shikh tengah.

Hans termasuk salah satu penyanyi India terkenal, sebuah nama yang populer dalam musik Sufi dan lagu rakyat Punjab. Ia sedang dalam misi damai ke Pakistan.  Berdasarkan portal berita Pakistan ‘Pakistan Affairs’ dan ‘U News TV’,  ia mengaku telah mempelajari Islam dengan seksama dan mulai membaca Alquran.  Perlahan-lahan, ia mulai paham tentang esensi dari pengungkapan ketuhanan, dan memutuskan masuk Islam.

Sejak  itu ia berganti nama menjadi Mohammad Yousuf.  Namun sejumlah sumber menyebutkan ia tetap memakai nama ‘Hans Raj Hans’ untuk kepentingan industri menyanyi.  Sementara sumber di India menyebutkan putranya, Navraj menyangkal laporan tentang ayahnya masuk Islam.  Menurut Navraj, ayahnya sedang tidak enak badan dan berada di rumah mereka di Jalandhar.  Hans Raj Hans adalah penyanyi berbahaya Punjab, India dan juga politisi.  Ia terkenal atas berbagai lagu klasik yang dinyanyikannya. Lalu selama bertahun-tahun, ia menyanyikan lagu  rakyat.

Lahir dari keluarga petani Sikh di sebuah desa yang disebut Shafipur dekat Jalandhar. Ia menyanyikan lagu  rakyat berbahasa Punjab dan musik Sufi.  Ia bekerja bersama seniman terkenal lain seperti mendiang Nusrat Fateh Ali Khan, seperti dalam film Kachche Dhaage.

Bila terbukti benar, ia menjadi musisi India kedua yang masuk Islam hanya dalam waktu sepekan.Pekan lalu komposer musik Chennai, Yuvan juga mengumumkan masuk Islam.  Maestro musik terkenal tingkat dunia dan peraih piala Oscar, musisi AR Rahman, aktris Sharmila Tagore, penulis  naskah-puisi- dan lirik lagu yang jenius di Bollywood serta sutradara film Gulzar dan aktris Bollywood Mamta Kulkarni juga masuk Islam lebih dulu.(onislam/meidia)