BCA Gelar Wayang Masuk Mall

Kamis, 27 Feb 2014

Nonton wayang? Mengapa tidak. Jangan biarkan budaya asli Indonesia ini tergerus oleh modernisasi. Ada cara asyik menonton wayang. Mampir saja ke West Mall Gran Indonesia.

Pada 27 Februari hingga 1 Maret 2014 ada pagelaran berbagai jenis wayang di sana. Ada juga sarasehan, talkshow dengan Persatuan Pedalang Indonesia (Pepadi), workshop oleh Museum Wayang, workshop melukis wayang di kulit, workshop membatik, talkshow E-Wayang, serta workshop batik.

Tujuannya apalagi kalau bukan untuk lebih meningkatkan daya tarik masyarakat modern menggeluti dunia wayang. Atau setidaknya ikut melestarikan budaya yang sarat nilai-nilai luhur itu.

Adalah PT Bank Central Asia (BCA) yang punya hasrat mengajak masyarakat lebih mengenal wayang yang dikemas dengan cara lebih modern. Ya mall! Kegiatan bertajuk ‘Wayang Masuk Mall – Negeri Wayang Indonesia’ ini bekerja sama dengan Persatuan Pedalang Indonesia (Pepadi) dan Union Internationale de Marionette (Unima).

Wakil Presiden Direktur BCA, Eugene Keith Galbraith, mengatakan, pagelaran Wayang Masuk Mall, bagian dari rangkaian kegiatan Bakti BCA bidang budaya dalam payung program ‘BCA untuk Wayang Indonesia’. Sekaligus memperkenalkan wayang kepada generasi muda Indonesia.

“Ini bukti komitmen BCA untuk melestarikan kebudayaan Indonesia yang indah. Kami berupaya membangkitkan kembali kepedulian masyarakat, khususnya para generasi muda untuk kembali menikmati wayang,” kata Eugene, Kamis (27/2).

Dalam pagelaran ini, hadir beberapa dalang kenamaan untuk tampil dan menghibur para pengunjung. Di antaranya, Ki Jlitheng Suparman, S.S, Ki Benyek, Ki Tizar Purbaya dan Ki Sesomo. Berbagai jenis pertunjukan wayang yang akan dibawakan antara lain, Wayang Potehi, Wayang Kampung Sebelah, Wayang Golek Betawi dan Wayang Hip Hop. (tety)