Asia Tenggara ‘Sumbang’ 58% Kasus TB Dunia

Senin, 3 Mar 2014

JAKARTA (Pos Sore) — Wilayah Asia Tenggara dan Pasific Barat dinilai menyumbang 58% kasus TB di dunia pada 2012. Sebagaian besar negara BHCs (High Burden Countries) berada di wilayah Asia tenggara, Pasifik Barat, dan Mediteranian Timur.

“Pengendalian TB berkontribusi pada pencapaian indikator lainnya, terutama mewujudkan kesejahteraan rakyat,” tandas Deputi Menko Kesra Bidang Koordinasi Kesehatan, Kependudukan dan Keluarga Berencana, Emil Agustiono, saat membuka ‘Pertemuan ke-2 Forum STOP TB Partnership kawasan Asia Tenggara, Pasifik Barat dan mediterania Timur’, di Jakarta, Senin (3/3).

Pertemuan ini rangkaian kegiatan peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia atau Hari TB Sedunia yang diperingati setiap pada 24 Maret. Untuk tema global tahun ini ‘Amplify and Sustain Our TB Successes’ atau ‘Menggaungkan Kesuksesan Kita di Bidang TB secara Berkesinambungan’.

Stop TB Partnership ini melibatkan hampir 1000 organisasi yang berkomitmen menghilangkan TB sebagai masalah kesehatan masyarakat global. Pengendalian TB tidak mungkin berhasil jika hanya dilakukan oleh pemerintah, tanpa melibatkan masyarakat.

Dalam kesempatan itu, diberikan apresiasi secara khusus kepada Afirin Panigoro sebagai Ketua Forum Stop TB Partnership Indonesia. (tety)