Tokoh-tokoh Ini Dinilai Cocok Jadi Pasangan Capres Jokowi

Minggu, 6 Apr 2014

JAKARTA (Pos Sore) — Siapa kira-kira yang pas mendampingi bakal calon Presiden Joko Widodo? Kalau berdasarkan survei yang dilakukan Populi Center terhadap 1.200 orang profesional bidang ekonomi di Jakarta, ada beberapa kandidat yang paling pas.

“Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menjadi tokoh paling difavoritkan sebagai calon wakil presiden mendampingi bakal calon presiden Joko Widodo. Kandidat lain yang dianggap pantas, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa serta mantan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati,” Ketua Populi Center, Nico Harjanto, di Jakarta, Kemarin.

Para responden menilai tokoh-tokoh itu sesuai dengan kriteria Jokowi karena mengerti makro-ekonomi dan politik. Survei dikerucutkan pada Jokowi karena responden merupakan warga yang bekerja di Jakarta dan puas atas kinerja Jokowi sebagai gubernur.

Kategori tersebut diuji karena Jokowi pernah mengatakan kriteria cawapresnya diharapkan mampu menguasai bidang makro ekonomi dan politik. “Hasilnya ada lima nama yang tersaring, yaitu Ahok, Hatta Rajasa, Sri Mulyani, Agus Martowardojo dan Darmin Nasution. Tiga nama terakhir ini memang sering muncul,” ujarnya

Bagi para ekonom, Ahok dianggap mengerti secara teori ekonomi dan politik. Berbeda dengan Jusuf Kalla, yang dianggap hanya seorang business man. Begitu juga Hatta Rajasa meski bukan latar belakang bisnis, tapi secara keilmuwan Menteri Perekonomian dianggap capable.

Nama Sri Mulyani sendiri muncul dari pertanyaan terbuka kepada beberapa responden. Managing Director of the World Bank Group itu mengalahkan tokoh senior di bidang ekonomi, Agus Martowadjojo dan Darmin Nasution, yang masing-masing memperoleh satu persen suara responden.

“Meski hanya 5,8 persen, ternyata tokoh yang lama tidak berada di Indonesia ini masih ada dalam ingatan dan pikiran kaum profesional Jakarta,” ujar Nico.

Tokoh-tokoh yang dianggap pas mendampingi Jokowi, berdasarkan survei itu: Jusuf Kalla 21,6%, Dahlan Iskan 16,6%, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) 14,2%, Chairul Tanjung 10%, Hatta Rajasa 8,8%, Sri Mulyani 5,8%, Puan Maharani 3%, Jenderal Moeldoko 1,8%, Darmin Nasution 1,3% dan Agus Martowardojo 1,2%. (tety)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015