25.6 C
New York
12/08/2020
Aktual

Faber Castell Gelar Lomba Cerpen ‘Best Adventure’

JAKARTA (Pos Sore) — PT Faber Castell International Indonesia kembali mengadakan lomba cerita pendek (cerpen) bertema ‘Best Adventure’. Sepertinya halnya tahun lalu saat menggelar lomba cerpen bertema komedi, Faber Castell ingin memotivasi penulis-penulis muda Indonesia.

Tujuannya apalagi kalau bukan ingin mendorong kemajuan dunia seni satra di Indonesia. Sasaran lomba ini penulis-penulis muda, yang dibagi beberapa kategori: usia 15-20 tahun, 21-30 tahun dan usia di atas 30 tahun.

“Tahun lalu ada 2.000 cerita pendek. Pada lomba tahun ini diharapkan lebih dari itu,” kata Managing Director PT Faber-Castell International Indonesia, Yandramin Halim, di Jakarta, kemarin.

Product Manager PT Faber-Castell International Indonesia, Christian Herawan, menambahkan, lomba yang digelar pada Mei-Agustus 2014 ini muncul, karena masih minimnya perhatian berbagai pihak kepada dunia kesusasteraan di Indonesia.

“Kami tidak membatasi kreativitas para penulis muda, terutama dalam penggunaan bahasa. Penggunaan bahasa EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) tidak kita batasi karena target marketnya para remaja. Kalau pakai EYD cukup kaku, jadi kita bebaskan penulis berkreasi,” paparnya.

Begitu juga bagi cerpenis yang ingin berkreasi dalam penulisan cerpen, mereka bisa saja menambahkan tulisannya dengan sketsa-sketsa.

Salah seorang Juri, Nina J. Moran, pada kesempatan itu mengatakan, minat penulis muda tanah air untuk menulis cerpen belakangan terus meningkat mengikuti banyaknya akses yang tersedia untuk berkarya.

“Mereka para penulis muda punya impian jadi penulis. Mereka biasa memulai lewat bloging. Karena akses yang makin besar, peminatnya juga semakin banyak,” ujarnya.

Cara mengikuti lomba penulisan cerpen ‘Best Adventure’ syaratnya, dengan membeli 1 produk pulpen Faber Castell dan mengunduh kertas untuk menulis di portal www.lombacerpen.com, dan memulai menulis cerpen berdasarkan pengalaman asli maupun fiksi. Peserta lalu mengunduh karyanya di laman yang sama.

Juara 1,2 dan 3 untuk masing-masing kategori disediakan hadiah uang tunai Rp7,5 juta, Rp5 juta dan Rp2,5 juta. Bagi setiap tulisan yang menarik mendapat hadiah Rp1 juta. (tety)

Related posts

MPR Akan Gelar Simposium Sistem Perekonomian Sosial

Tety Polmasari

Ini Upaya BSN Dukung Program Pemerintah dalam Pencegahan Korupsi

Tety Polmasari

Director Dinner Club: Kala Para Direktur Berbagi Resep Rahasia Sukses

Tety Polmasari

Leave a Comment