Jokowi Dapat Ucapan Selamat dari Pemimpin Dunia, SBY siap Kerjasama

Kamis, 24 Jul 2014
Presiden Terpilih, Joko Widodo

JAKARTA (Pos Sore) — Pemerintahan Presiden SBY yang tinggal seumur jagung menyatakan siap bekerjasama dengan presiden/ wakil presiden terpilih Joko Widodo- JK. Bahkan seperti diutarakan Menko Perekonomian Chairul Tanjung di Jakarta, kemarin, pemerintah SBY akan memfasilitasi jika tim ekonomi Jokowi – JK menghendaki pertemuan dan konsultasi.

‘’Ada sejumlah isu ekonomi yang perlu dibicarakan bersama dengan tim ekonomo presiden/wapres terpilih,’’ kata Chairul di Istana Negara. Ia kemudian menyebut masalah di APBN 2015 yang disebutnya sebagai APBN transisi.

Meski demikian Chairul menyatakan pemerintah tetap menunggu perkembangan yang akan terjadi soal penyelesaian pilpres tahun ini.

Pemantauan Pos Sore hingga Kamis pagi (24/7) atau  hari kedua setelah penetapan presiden dan wakil presiden terpilih oleh KPU, tidak terlihat tanda-tanda kubu capres /cawapres nomor urut 1 Prabowo- Hatta akan melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi. Kuat dugaan, gugatan ini tidak dilakukan begitu Prabowo Selasa siang menyatakan menarik diri dari proses yang sedang berlangsung di KPU.

Ketua KPU sendiri, Husni Kamil Manik,  menyatakan pihaknya siap menghadapi gugatan hasil Pilpres ke MK apabila gugatan itu memang ada. Pernyataan ini dilontarkan Husni  usai pertemuan rutin dengan Dewan Kehormatan Penyelenggaran Pemilu (DKPP).

Hal senada dinyatakan   Ketua Bawaslu, Mohammad, dengan menginstruksikan seluruh jajajaran Bawaslu dari daerag dilarang pulang sampai batas waktu pengajuan gugatan ke MK habis. Batas waktu itu berakhir Jumat malam sekitar pk 21.00 WIB.

Sementara sepanjang hari dan malam kemarin, Joko Widodo pun mendapat ucapan selamat dari para pemimpin dunia. Tercatat Presiden AS, Barrack Obama, PM Australia Tony Abbot,PM dan presiden Singapura, Lee Hsien Long dan Tony Tan Keng Yam, serta sejumlah pemimpin dunia lainnya sudah menyampaikan selamat kepada Joko Widodo.

Ucapan selamat juga disampaikan Ketua Harian DPP Partai Demokrat, Syarief Hasan, usai kembali dari Jepang kemarin.
Kemarin, di Patung Proklamasi Jakarta dan di Kulonprogo, DIY, para pendukung merayakan kemenangan Jokowi – JK dengan menggelar tumpeng khusus. (lya/dus)