15 C
New York
26/05/2020
Aktual

27,9 Juta Pemudik Padati Jalanan Menuju Kampung Halaman

JAKARTA (POS SORE) — Puncak arus mudik dari Jakarta menuju berbagai wilayah di tanah air memuncak hari ini.Sampai H-3 Jumat kemarin, Kementerian Perhubungan memperkirakan sedikitnya 9 juta pemudik bergerak dengan menggunakan berbagai moda transportasi, dan angka ini akan terus bertambah sampai mencapai 27, 9juta orang, Sabtu ini. Mereka bergerak dari 12 wilayah aglomerasi ke sejumlah tujuan di tanah air.

Kemacetan panjang dilaporkan terjadi di berbagai, mulai dari gerbang tol Cikampek, Jawa Barat,jalanan di Karawang, sampai beberapa tempat di wilayah Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Sementara di Pelabuhan Merak, Banten, juga terlihat arus pemudik yang semakin padat.

Pemudik bersepeda motor,Sabtu pagi atau H-2  dilaporkan mengantre sangat panjang sejak dinihari di dermaga Pelabuhan Merak, Banten, menunggu giliran naik ke atas feri untuk diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Sebagian besar pemudik sepeda motor dari wilayah Jakarta, Tangerang, Bekasi, dan Bogor yang bekerja di pabrik, dan mudik ke beberapa daerah di Provinsi Lampung. Mereka terlihat berboncengan sambil membawa barang dibungkus kardus.

H-2 hari ini, kemacetan panjang juga terjadi di wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, terutamaoleh membludaknya pemudik bersepeda motor. Kemacetan parah terjadi di sejumlah titik, terutama di Plawad, Telagasari.

Pemudik bersepeda motor itu terlihat membuat kemacetan di jalur khusus sepeda motor, selain kondisi beberapa titik menuju simpang Jomin juga mengalami kemacetan parah.Kondisi ini menyebabkan banyak pemudik yang menggunakan mobil pribadi memilih jalur khusus sepeda motor.” Saat ini kondisi memang sedikit terurai, walau jalannya tidakbisa kencang,” lapor wartawan Pos Sore, Junaidi, yang sedang mudik ke Kabupaten Cirebon.

Related posts

Mentan Berikan Penghargaan kepada 250 Pelaku Pembangunan Pertanian

Tety Polmasari

Change Management Pertaining to Project Operators

Tety Polmasari

Oesman Sapta: Hanura Serahkan Sepenuhnya ke Jokowi Pilih Cawapres

Tety Polmasari

Leave a Comment