Lomba Sekolah Sehat Dapat Mendorong Pelaksanaan UKS

Selasa, 19 Agu 2014

JAKARTA (Pos Sore) — Kesehatan anak usia sekolah hal penting mengingat sekitar 66 juta atau 28% jumlah penduduk, kelompok usia anak sekolah. Karenanya, pihak sekolah diharapkan dapat mendeteksi masalah kesehatan yang dihadapi peserta didik yang berpotensi menganggu proses belajar mengajar.

Menurut Menteri Kesehatan, Nafsiah Mboi, Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) menjadi unit penting di sekolah, yang ternyata masih belum disadari pihak sekolah. Melalui UKS, dapat memecahkan masalah-masalah kesehatan yang dihadapi peserta didik. Karenanya, Kementerian Kesehatan menggelar Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional Tahun 2014.

“Pelaksanaan UKS masih perlu ditingkatkan. Hendaknya Lomba Sekolah Sehat dapat menjadi instrumen yang sungguh-sungguh mampu mendorong pelaksanaan UKS di semua sekolah di Tanah Air,” kata menkes, saat berdialog dengan para pemenang Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional, di Kemenkes, Senin (18/8).

Dalam kesempatan ini, menkes memberikan pengharaan kepada 24 sekolah tingkat TK, SD, SMP dan SMA di seluruh Indonesia sebagai pemenang Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional Tahun 2014. Selain sekolah, sebanyak 24 puskesmas pembina Usaha Kegiatan Sekolah (UKS) pemenang juga mendapat penghargaan dari menkes.

Menkes menilai Lomba Sekolah Sehat penting bagi pelajar sebagai penentu masa depan bangsa. “Bangsa yang sehat, berkualitas, produktif, dan berdaya saing sangat ditentukan oleh derajat kesehatan dan kualitas hidup kelompok umur ini,” katanya.

Ke depan, diharapkan, kepesertaan kegiatan ini perlu ditingkatkan mengingat belum seluruh provinsi dan sekolah yang menjadi peserta lomba. (tety)