Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Asian Games ke-18 Tahun 2018

Kamis, 11 Sep 2014

JAKARTA (Pos Sore) — Indonesia siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games XVIII pada 2018. Karenanya, Tim Merah Putih yang akan berangkat sebagai peserta Asian Games XVIII di Incheon, pada 19 September – 4 Oktober 2014 turut berkontribusi agar kesiapan ini terwujud dengan baik.

“Untuk itu diharapkan kepada tim yang akan berangkat ke Asian Games XVII di Incheon, Korea Selatan, selain memperbaiki peringkat, sekaligus memastikan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games XVIII 2018,” kata Menko Kesra, Agung Laksono, usai Rakor membahas tentang Asian Games XVIII, yang juga dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo, di Kemenko Kesra, Kamis (11/9).

Kepada semua pemangku kepentingan, kata Menko Kesra, diminta komitmennya untuk mensukseskan penyelenggaraan Asian Games XVIII. Terutama kesiapan peningkatan venue yang diperlukan, dan infrastruktur pendukung di tiga daerah. Yaitu di DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Sumatera Selatan.

Agung mengatakan Surat Keputusan Presiden untuk kepanitiaan nasional Asian Games ke-18 pada 2018 ini, segera di proses. Setelah ada kepastian Indonesia menjadi tuan rumah ajang olahraga akbar tersebut, baru diadakan rapat selalnjutnya, dan bisa dilakukan berbagai persiapan, termasuk bagi provinsi yang akan jadi tuan rumah, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Sumatera Selatan.

“Ada tiga provinsi yang akan menjadi truan rumah, baik DKI Jakarta, Sumatera Selatanm dan Jawa Barat. Karenanyam diminta untuk terus dapat melakukan persiapan-persiapan,” katanya.

Menurut Menko Kesra Asian Games ke-18 pada 2018 di Indonesia merupakan penyelenggaraan untuk kedua kalinya bagi Indonesia setelah tahun 1962 atau Asian Games yang ke-4 dan dilaksanakan di Jakarta. Pada Asian Games ke-4 Indonesia berada di urutan ke-2 setelah Jepang dengan mendapat 77 Mendali. (tety)