Kemenkes Gelar Pertemuan Ilmiah Epidemiologi Nasional ke-4

Jumat, 26 Sep 2014

JAKARTA (Pos Sore) — Kementerian Kesehatan menyelenggarakan Pertemuan Ilmiah Epidemiologi Nasional (PIEN) ke-4 yang berlangsung selama dua hari, 1-2 Oktober 2014, di Bandung. Pertemuan ilmiah yang akan dibuka Menteri Kesehatan, Nafsiah Mboi, wadah pembelajaran bagi mahasiswa epidemiologi lapangan (field epidemiology training program/FETP), dan alumni dalam menyampaikan karya ilmiah dalam suatu forum ilmiah.

“Pertemuan ini akan memberikan kontribusi pada upaya pengendalian, baik untuk penyakit dan masalah kesehatan di Indonesia,” kata M. Subuh, Sekretaris Direktorat Jenderal P2PL Kementerian Kesehatan, Jumat (26/9), terkait pertemuan bertema ‘Surveilans Berbasis Laboratorium untuk Masa Depan yang Lebih Baik, sebagai Respon Atas Perubahan Lingkungan Startegik’.

Sebagian besar peserta pertemuan ilmiah ini adalah mahasiswa, calon ahli epidemiologi lapangan yang kelak dapat berkontribusi besar dalam mengatasi masalah kesehatan masyarakat. Tenaga epidemiologi lapangan, sangat berperan penting dalam melakukan investigasi, dan analisis perjalanan penyakit, serta perubahannya.

“Lulusan dari FETP ini diharapkan berperan aktif dalam implementasi IHR dengan Global Health security, sebagai alat implementasinya,” tambah dr. I Nyoman Knadun, MPH, Direktur Field Epid Training Program Kementerian Kesehatan.

Kegiatan pertemuan PIEN tersebut, antara lain ada seminar umum dengan pembicara tamu dari luar negeri, akademisi dan praktisi. Ada presentasi oral karya ilmiah dan diskusi, dengan pembicara dari mahasiswa FETP, serta presentasi poster yang memamerkan hasil karya ilmiah peserta. Karya ilmiah yang dipresentasikan dalam PIEN, akan di publish secara luas melalui media yang tersedia. (tety)