1.3 C
New York
27/01/2021
Aktual

Jokowi Siap Berantas ‘Illegal Fishing’ Senilai Rp300 T

JAKARTA (Pos Sore) — Joko Widodo menyatakan siap membubarkan pesta senilai Rp300 triliun di perairan milik Indonesia begitu ia resmi menjabat Presiden RI. Pesta yang dimaksud adalah pencurian ikan di laut wilayah Indonesia timur.

“Data yang saya terima, pencurian ikan di perairan kita rugi Rp300 triliun. Tolong ini dicek kembali, kalau bener, nangis bener, nangis bareng kita,” katanya dalam sambutan acara Roadmap Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia yang diselenggarakan Ormas Nasdem di Jakarta, kemarin.

“Pesta itu terjadi di perairan Ambon sebelah utara pada malam hari. Lampu berkerlipan dari kapal besar mengeruk kekayaan alam bertahun-tahun.”

Pesta itu, lanjut Jokowi, terjadi di perairan Ambon sebelah utara pada malam hari. Lampu berkerlipan dari kapal besar mengeruk kekayaan alam bertahun-tahun.

“Lihat saja nanti, saya blusukan ke sana, entah berenang atau gimana caranya. Saya mau lihat sendiri pestanya, kalau benar-benar ada, detik itu harus kita hentikan,” ujarnya.

Pasang Drone
Jokowi menambahkan ke depan akan dipasang drone di tiga zona untuk menjaga pertahanan seharga Rp4,5 triliun. Biaya pengadaan drone sebanding dengan pencurian sumber daya alam di perairan Indonesia yang mencapai Rp300 triliun.

“Dari pusat komando bisa perintah. Kalau mau dihajar lewat laut ke sana, lewat udara langsung saja, kalau lewat darat dari pinggir silakan.”

Secara teknis, drone dihubungkan pada satelit kemudian informasinya diterima pusat komando. Dengan alat tersebut bisa diketahui aktivitas pelanggaran di sana.

“Dari pusat komando bisa perintah. Kalau mau dihajar lewat laut ke sana, lewat udara langsung saja, kalau lewat darat dari pinggir silakan,” papar Jokowi.

Sistem pengamanan ini telah diaplikasikan negara maju Amerika Serikat dari Nevada. Dengan begitu pengamanan perairan Indonesia bisa terjaga dan yang terpenting negara lain takut dengan Indonesia.(fent)

Related posts

Nenek Tua Dibacok Hingga Sekarat

Tety Polmasari

Menutup Tahun 2020, Inilah Koleksi “Guardian Angel” Nina Nugroho

Tety Polmasari

Potensi Langgar UU, PKS Minta Pemerintahan Jokowi Batalkan Rencana Cabut Subsidi LPG 3 Kg

Akhir Tanjung

Leave a Comment