Tiba di Myanmar, PKPU Semangat Membagikan Qurban

Kamis, 2 Okt 2014

MYANMAR (Pos Sore) — Hari Raya Idul Adha (5/10) tinggal dua hari lagi. Hal ini menambah semangat para tim relawan kurban Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU untuk segera bertolak ke berbagai negara yang memang menjadi target penyaluran hewan kurban.

Begitu pula yang dirasakan relawan PKPU, Wildhan Dewayana dan Deni Kurniawan, yang diamanahkan membagikan hewan qurban ke negara Myanmar. Yang pada Selasa (30/9) terbang meninggalkan Jakarta menuju Yangon, Ibu Kota Myanmar.

Tim kurban PKPU untuk Myanmar ini akan mendistribusikan amanah hewan kurban yang berasal dari para pekurban tanah air dan titipan beberapa mitra luar negeri di beberapa lokasi kamp pengungsi Rohingnya.

“Di lapangan, PKPU akan bekerjasama dengan mitra-mitra lokal. Sudah berjalan lebih dari 2 tahun. Untuk program ini, sepenuhnya juga akan berkoordinasi dengan pihak KBRI Yangoon karena PKPU selalu membawa nama Indonesia dan bendera merah putih di lapangan, “ kata Deni.

Untuk tahap awal, PKPU akan mendistribusiakan sekitar 60 ekor sapi dari sekitar 420 pekurban di beberapa titik yang sudah ditetapkan. “Biasanya akan disusul oleh tahap kedua dan seterusnya. Menunggu perkembangan lebih lanjut dari tim Qurban PKPU Pusat,” tambah Wildhan

Manajemen PKPU tahun ini memang sudah menetapkan kebijakan untuk mengalokasikan sekitar 10% dari total amanah hewan qurban yang dititipkan oleh masyarakat kepada saudara-saudara kaum muslimin yang berada dalam kondisi sangat sulit di luar negeri seperti beberapa Negara di Afrika, Palestina, termasuk Myanmar. (tety)