19.9 C
New York
29/05/2020
Aktual

Kartu Indonesia Pintar Mencover Siswa Keluarga Miskin dan Rentan Miskin

JAKARTA (Pos Sore) — Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah (Menbuddikdasmen), Anies Baswedan, mengungkapkan adanya perbedaan data yang dimiliki pihak Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dengan temuan Indonesian Corruption Watch (ICW). Katanya, data kementerian terkait penerima bantuan siswa miskin (BSM) mengacu pada sumber yang salah.

“Pada temuan tim ICW terdapat ketidakcocokan data kementerian dengan kondisi riil di lapangan. Misalnya, nama siswa yang penerima Bantuan Siswa Miskin (BSM) ganda, terdapat nama fiktif penerima BSM, siswa yang seharusnya menerima bantuan justru tidak mendapatkan,” ungkapnya, usai rapat koordinasi persiapan peluncuran Kartu Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Sehat, dan Kartu Keluarga Sejahtera.

Selain itu, data penerima BSM yang dimiliki kementerian hanya mencakup kategori siswa miskin saja. Padahal masih banyak anak usia sekolah yang tidak memiliki kesempatan untuk mengenyam pendidikan yang juga miskin dan rentan miskin.

“Pak Jokowi menggarisbawahi ke depan kita tidak hanya fokus kepada yang miskin tapi juga rentan miskin. Harus keseluruhan,” katanya seraya menambahkan akan segera mengundang ICW ke kantornya menjelaskan tentang temuan di lapangan.

Peluncuran KIP ini nantinya bersamaan dengan Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) pada 3 November. Ketiga kartu yang dikirimkan melalui kantor pos tersebut disebar ke 18 lokasi daerah sebagai tahap awal.

Adapun 18 daerah Tahap I penerima KIP yaitu Jembrana, Pandeglang, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Cirebon, Kota Bekasi, Kuningan, Kota Semarang, Tegal, Banyuwangi, Kota Surabaya, Kota Balikpapan, Kota Kupang, Mamuju Utara dan Kota Pematang Siantar. (tety)

Related posts

Banyak yang Tak Menyadari Fungsi Penting Saraf Tepi

Tety Polmasari

Dekopin Award 2015: Kepedulian pada Kemajuan Ekonomi Rakyat Berbasis Koperasi

Tety Polmasari

Pencuri Tewas Ditembak Polisi

Tety Polmasari

Leave a Comment