DPD Perlu Bangun Manajerial Politik

Rabu, 5 Nov 2014

JAKARTA, (Pos Sore)– Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI perlu membangun manajerial politik sehingga mampu mengelola arah politik lembaga negara itu sesuai dengan dinamika politik nasional.

Itu dikatakan pakar hukum tata negara, Irman Putra Sidin pada diskusi bertema ‘Penguatan Kelembagaan DPD RI’, Selasa (4/11). “DPD RI perlu punya agenda untuk mendorong amandemen kelima UUD 1945. Untuk itu, DPD RI harus mampu membangun komunikasi yang sejajar dengan DPR RI untuk dapat menggolkan usulan amandemen tersebut,” kata Irman.

Memang DPD RI sudah menyiapan usulan amandemen UUD 1945 hampir 10 tahun dan sudah siap diusulkan ke MPR RI. Hanya saja perlu menunggu waktu yang tepat.
Karena itu, kata Irman, DPD RI harus mengagendakan usulan amandemen UUD 1945 ke MPR RI pada tahun pertama periode 2014-2019.

“Usulan amandemen UUD 1945 ini harus menjadi agenda DPD RI sekaligus agenda nasional.”

DPD RI diingatkan agar bergerak cepat dalam mengusulkan amandemen UUD 1945, karena kalau sampai tahun ketiga baru diusulkan maka dinamika politik di DPR RI sudah tidak sepenuhnya fokus membahas legislasi, tapi fokusnya sudah terpecah yakni persiapan pemilu periode berikutnya.

Menurut Irman, agar DPD RI mampu melobi DPR RI untuk menggolkan usulan amandemen UUD 1945, maka perlu meningkatkan manajerial politiknya. “Caranya dengan membentuk kelembagaan seperti fraksi di DPR RI, sehingga arah politik DPD RI lebih fokus dan terarah,” tuturnya.

Pembangunan manajerial politik juga perlu dengan meningkatkan visi dan kemampuan politik seluruh anggota DPD RI yakni sebanyak 132 anggota dari 33 provinsi.
Menurut Irman, anggota DPD RI memiliki kualitas yang baik karena mereka umumnya adalah para tokoh di daerahnya, tapi persoalannya mereka bergerak sendiri-sendiri di DPD RI tidak ada lembaga seperti fraksi, sehingga seperti tidak ada arah.

“Dengan peningkatan kemampuan anggota dan dibuat kelembagaan seperti fraksi, maka arah dan manajerial politik anggota DPD RI akan semakin terarah,” demikian Irman. (akhir)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015