Mensos: Empat Nama yang Diusulkan Mendapat Gelar Pahlawan Disetujui Presiden

Kamis, 6 Nov 2014

JAKARTA (Pos Sore) — Presiden Joko Widodo dijadwalkan memberikan gelar pahlawan kepada empat nama yang dianggap telah berjasa bagi Indonesia, Jumat (7/11) di Istana Negara.

Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa, mengatakan, empat nama tersebut yaitu Letjen TNI (Purn) Djamin Ginting, Sukarni Kartodiwirjo, Mayjen HR Mohammad Mangundiprojo, dan KH Abdul Wahab Hasbullah.

“Nama tersebut telah disetujui di rapat pleno dewan gelar pahlawan nasional,” ungkap mensos, usai bersilaturahim dengan para pejuang veteran Seroja di Kompleks Seroja, di Bekasi Utara, Jawa Barat, Kamis (6/11)

Dikatakan, sebenarnya, ada 12 nama yang diusulkan untuk mendapatkan gelar pahlawan nasional. Setelah disaring oleh tim penganugerahan pahlawan berdasarkan sejumlah indikator, empat nama tersebut yang dinilai memenuhi kriteria.

Dirjen Perlindungan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kementerian Sosial, Hartono Laras, menambahkan, nama-nama tersebut atas rekomendasi tim peneliti. “Proses penelitiannya dari kabupaten, provinsi,” katanya

Hartono mengatakan, pemberian gelar pahlawan ini sesuai dengan UU Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan. Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan, yang bertugas memberikan pertimbangan kepada Presiden dalam pemberian gelar, tanda jasa, dan tanda kehormatan.

Pemilihan pahlawan, tidak harus inisiatif dari negara saja. Pasal 30 ayat (2) UU No. 20/2009 dan Pasal 51 ayat (1) PP No. 35/2010 menyebutkan usul pemberian gelar, tanda jasa dan tanda kehormatan dapat diajukan oleh perseorangan, lembaga negara, kementerian, lembaga pemerintah non-kementerian, pemerintah daerah, organisasi, atau kelompok masyarakat. (tety)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015