Di Taman Makam Pahlawan Kalibata, JK Pimpin Peringatan Hari Pahlawan

Senin, 10 Nov 2014

JAKARTA (Pos Sore) — Peringatan Hari Pahlawan, Senin, (10/11), berlangsung khidmat di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Upacara dipimpin Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Hadir dalam peringatan Hari Pahlawan, istri Wapres, Mufidah Kalla, didampingi Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Pangdam Jaya Mayjen TNI Agus Sutomo, Menkopolhukam Tedjo Edhy beserta istri, Menteri Agama Lukman ,Hakim Syaifuddin, dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Dalam rangkaian upacara ini, JK dan seluruh tamu yang hadir menghormati arwah pahlawan nasional, mengheningkan cipta selama 60 detik, serta menaruh satu rangkaian karangan bunga.

Selanjutnya, dalam rangka ziarah nasional, JK langsung menuju pemakaman. Dia menabur bunga yang telah disediakan. Tampak sejumlah siswa berseragam SD dan SMP yang memegang wadah bunga tersebut.

Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2014 juga diisi dengan kegiatan tabur bunga di di perairan Teluk Jakarta menggunakan KRI Banda Aceh, yang dipimpin Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Menteri Sosial, Khofifah Indar Parwangsa, mengatakan, peringatan Hari Pahlawan menjadi momentum yang baik untuk meneladani nilai-nilai kepahlawanan dan menerapkannya ke dalam sikap dan perilaku sehari-hari.

Nilai-nilai tersebut antara lain adalah semangat nasionalisme, patriotisme yang tinggi, persatuan dan kesatuan, cinta tanah air, kesamaan dan tanggung jawab, serta rela berkorban tanpa pamrih.

“Semua nilai itu perlu terus ditumbuhkan dan dijadikan sebagai modal sosial yang dapat diterapkan dalam mengatasi berbagai masalah bangsa saat ini, seperti kemiskinan, pengangguran, ketelantaran, kesenjangan ekonomi, dan masalah-masalah sosial lainnya,” jelasnya. (tety)