Hari Pahlawan, Momen Menggiatkan Kembali Keteladanan Para Pahlawan

Senin, 10 Nov 2014

JAKARTA (Pos Sore) – Apa makna Hari Pahlawan bagi Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa? Menurut menteri yang murah senyum ini, Hari Pahlawan adalah momen untuk menggiatkan kembali keteladanan dan perjuangan para pahlawan dalam kehidupan sehari-hari.

Karena itu, Kementerian Sosial mengadakan acara ramah-tamah bertema ‘Pahlawanku Idolaku’ dengan sejumlah keluarga pahlawan di Gedung Konvensi Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

“Selain tentunya memperingati dan mengenang jasa para pahlawan,” ujar Khofifah di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Senin, (10/11)

Dikatakan, pertemuan ini, untuk mengingat kembali jasa dan keteladanan mereka yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesaia.

Khofifah mengatakan Hari Pahlawan juga dapat dijadikan ajang refleksi bagi masyarakat untuk menyadari bahwa kemerdekaan Indonesia diraih lewat proses yang panjang.

“Karena itu, harus dihargai dan diwariskan semangat perjuangannya,” katanya.

Ia juga mengingatkan, negara ini harus selalu menghargai jasa pahlawannya. “Hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya yang bisa menjadi bangsa besar,” tandas Khofifah mengutip pernyataan Sukarno, proklamator kemerdekaan Indonesia. (tety)