Pada 2019 Semua Pekerja Sudah Menjadi Peserta Program Jaminan Sosial

Jumat, 14 Nov 2014

JAKARTA (Pos Sore) — Menjelang beroperasinya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan pada 1 Juli 2015, Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) menggelar Rapat Koordinasi Teknis Implementasi Peta Jalan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Bidang Ketenagakerjaan.

“Rakornis ini untuk memberikan pemahaman dan gerak langkah yang sama bagi seluruh pemangku kepentingan di Pusat dan Daerah untuk mendukung implementasi jaminan sosial bidang ketenagakerjaan yang dilaksanakan BPJS Ketenagakerjaan,” kata Ketua DJSN, Chazali Situmorang, di Jakarta, kemarin.

Dikatakan, BPJS Ketenagakerjaan menyelenggarakan empat program jaminan sosial. Yaitu, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP), dan Jaminan Kematian (JKm).

Pemerintah sendiri menargetkan lima tahun ke depan, yaitu pada 2019 semua pekerja, mulai dari yang bekerja pada usaha besar sampai dengan usaha mikro, serta pekerja mandiri sudah menjadi peserta program jaminan sosial pada BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

“Dengan adanya perlindungan jaminan sosial yang menyeluruh bagi seluruh rakyat Indonesia, khususnya masyarakat pekerja, suatu wujud pembangunan manusia untuk meningkatkan kualitas hidupnya sehingga semua pekerja dapat hidup secara layak dan bermartabat,” katanya.

Menurutnya, implementasi Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) tidak hanya ditentukan oleh badan penyelenggara. Perlu sinergitas semua pihak terkait dengan bidang tugasnya masing-masing.

“Dibutuhkan dukungan dari pemerintah baik pusat atau daerah, pemberi kerja dan pekerja, serta elemen masyarakat lainnya,” tambahnya.

Kesemuanya, kata dia, disinkronkan oleh DJSN yang khusus dibentuk untuk penyelengaraan SJSN.

Rakornis ini sendiri dibuka Sekretaris Kemenko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Sugihartatmo. (tety)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015