Maju Sebagai Calon Ketua Umum KOWANI, Giwo Rubianto Raih Banyak Dukungan

Sabtu, 15 Nov 2014

JAKARTA (Pos Sore) — Dukungan terus mengalir kepada calon Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (KOWANI), Giwo Rubianto Wiyogo. Ada lebih dari 50 organisasi anggota KOWANI yang menyatakan dukungannya kepada mantan Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) ini.

Dukungan ini tampak jelas terlihat dalam acara silaturahim yang dihelat Giwo Rubianto bersama organisasi-organisasi anggota KOWANI, di Jakarta, belum lama ini. Para anggota begitu menaruh harapan jika Kongres ke-24 KOWANI yang digelar pada 3-5 Desember 2014 memutuskan mantan Ketua KOWANI itu sebagai Ketua Umum KOWANI.

Tampak hadir Ny. Anindyati Sulasikin Murpratomo, mantan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan, Kabinet Pembangunan IV dan Pembangunan V. Ada juga Sri Redjeki Soemaryoto, mantan Menteri Negara Pemberdayaan Wanita pada Kabinet Gotong Royong.

“Kami menaruh harapan besar pada ibu Giwo. Masih muda, pengalaman berorganisasinya banyak, perjuangan terhadap pemberdayaan perempuan dan anak juga tidak perlu diragukan. Kepemimpinan di KOWANI itu perlu regenerasi,” tandasnya.

Dengan KOWANI dipimpin Giwo Rubianto, ia yakin organisasi yang terbentuk pada 1928 itu dapat menjadikan Kowani sebagai wadah pemersatu suara wanita. Khususnya peran wanita pada lingkup birokrasi dan sejumlah aktifitas terkait pendidikan, kesehatan, hukum, dan politik.

“Dari visi dan misi yang disampaikan ibu Giwo tadi, saya yakin KOWANI lebih baik lagi,” tambahnya.

Sesepuh KOWANI, Anindyati Sulasikin Moerpratomo, juga sependapat. Di matanya, Giwo Rubianto sosok yang tepat untuk memimpin organisasi yang terbentuk sebulan setelah Sumpah Pemuda 1928 itu.

“Ketua Umum Kowani terpilih pada Desember mestinya yang bersemangat muda, yang mengerti soal transparansi, anti money politic. Saya kira ibu Giwo sangat cocok dengan kriteria itu. Ibu Giwo orangnya bersih dan pastinya anti money politic,” ujarnya.

Ny. Sulasikin menambahkan, Ketua Umum Yayasan Pendidikan Wanita Indonesia Ikatan Sarjana Wanita Indonesia (YPWI ISWI) ini tidak pernah menerima apa-apa, tetapi justru memberikan apa-apa demi kemajuan perempuan Indonesia.

“Tidak ada money politic. Saya paling anti money politic. Ia sosok yang penuh pengabdian kepada bangsa dan negara. Tepat kalau ibu Giwo yang memimpin. Banyak yang mendukung secara aklamasi,” tambahnya.

Ketua Umum Gerakan Wanita Sejahtera (GWS), Dr. Ir. Hj. Giwo Rubianto, M.Pd, bersama Dewi Motik (Ketua Umum KOWANI periode 2009-2014) dan Chooseyana, maju sebagai calon Ketua Umum KOWANI Periode 2014-2019.

Pemilik nama asli Sri Woerjaningsih ini dikenal luas kiprahnya di lingkup perlindungan anak saat menjadi Ketua KPAI 2003-2007. Perempuan kelahiran Bandung pada 8 Mei 1962 ini juga aktif di bidang sosial dan lingkup partai. Wanita cantik yang pakar di bidang bisnis properti itu juga Dewan Penasehat Keluarga Putra Putri Polisi sejak 2013.

“Program 24 Langkah membangun Kowani yang bersatu, mandiri dan bermartabat, itu yang akan saya perjuangkan,” tutur ibu empat putra ini.

Visi yang disampaikannya, mewujudkan KOWANI sebagai wadah pemersatu pemajuan perjuangan perempuan Indonesia yang bersatu, kreatif, profesional, berdaya saing, mandiri, dan bermartabat. (tety)