4.5 C
New York
25/02/2021
Aktual Ekonomi

Mentan Sanggupi Target Swasembada Pangan 2019

JAKARTA (Pos Sore) – Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, menandaskan, kementerian yang dipimpinnya dalam waktu tiga tahun ke depan akan mencapai swasembada pangan untuk komoditi beras, kedelai, dan jagung. Sedangkan untuk dua tahun berikutnya, swasembada pangan untuk komoditas gula dan daging.

“Kementerian Pertanian siap memenuhi target yang diminta Presiden Joko Widodo dengan melakukan akselerasi,” tandas mentan, usai memberikan sambutan di hadapan Kepala Dinas /Badan lingkup pertanian provinsi dalam agenda Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pembangunan Pertanian Tahun 2014 di Kementerian Pertanian, Senin (17/11).

Menurutnya, kunci untuk mencapai swasembda ditentukan oleh dua hal yaitu produktivitas per hektar dan indeks pertanahan. Untuk meningkatkan produktivitas ini, Amran menargetkan akan memperbaiki saluran-saluran irigasi yang telah rusak.

IMG-20141117-07451

“Saya melihat irigasi yang rusak itu ada 22%. Hitungan saya kalau ini kita perbaiki 1 juta hektar/tahun berarti ada 3 juta ha/tahun dan ini bisa mengangkat produksi. Ada sekitar 25 bendungan juga yang harus diperbaiki hingga 2019,” katanya.

Pihaknya juga menargetkan ada 1000 desa berdaulat benih hingga 2019. Selain itu, menyediakan benih dengan mengacu prinsip 6 tepat (waktu, jenis, jumlah, mutu, harga & lokasi), alsintan, pupuk, dan penyuluhan.

Adanya Rakernas ini untuk merumuskan kebijakan pencapaian kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani tahun 2015-2019. Selain itu, merancang re-focusing dan strategi percepatan pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan partanian tahun 2015. (tety)

Related posts

Writing essay in literary works: the essential difference between story book and/or great tale

Tety Polmasari

Fundamentals of a new Multimedia Office

Tety Polmasari

Kontribusi Rendah, Penguatan BUMN Harus Jelas Dalam RUU Pertambangan

Akhir Tanjung

Leave a Comment