6 C
New York
01/04/2020
Aktual Ekonomi

Hari Ikan Nasional, Momentum Kebangkitan Kelautan dan Perikanan Indonesia

JAKARTA (Pos Sore) — Peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-1 menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk mengingat dan kembali melihat kelautan dan perikanan sebagai tumpuan dan harapan pembangunan nasional.

Karenanya, peringatan Harkannas bertema ‘Ikan untuk Ketahanan Pangan dan Gizi Nasional’ pada 21 November 2014, ada himbauan Gerakan 1 Hari mengonsumsi ikan (one day eat fish).

“Ikan sebagai bahan pangan yang mudah diproduksi, bergizi tinggi, serta tersedia sepanjang tahun menyebar di seluruh Indonesia menjadi solusi atas masalah kasus gizi ganda dan stunting atau bayi lahir pendek,” kata Saut P Hutagalung, Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan, di Jakarta, Rabu (19/11).

Menurutnya, pangan dan gizi, hal yang saling terkait. Saat ini masih menjadi isu nasional yang perlu mendapatkan perhatian seluruh bangsa.

Puncak peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) sendiri dilaksanakan pada 29-30 November 2014 di Parkir Timur Senayan, yang dipimpin langsung Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Ditargetkan sekitar 6000 masyarakat menghadiri momen yang baru pertama kali diperingati ini.

Berbagai kegiatan mengisi puncak Peringatan HARKANNAS ke-1 itu. Di antaranya, Festival Perikanan Nusantara, Ayo Kita Makan Ikan (AKMI), Lomba Masak Ikan, serta pemecahan rekor MURI.

“Diharapkan berbagai dukungan dalam kegiatan itu dapat menumbuhkembangkan kecintaan dan kebanggaan masyarakat pada kelautan dan perikanan Indonesia,” tambahnya.

Peringatan HARKANNAS sendiri bertepatan dengan peringatan World Fisheries Day atau Hari Perikanan Dunia. (tety)

Related posts

Wajib Mencetak Generasi Anak Shaleh

Tety Polmasari

7 Penjual Satwa Dilindungi Dibekuk

Tety Polmasari

Simposiun Nasional Kebudayaan 2017 Hasilkan Deklarasi Ikrar Kebangsaan

Tety Polmasari

Leave a Comment