Kemenkop Gelar Expo Pembiayaan KUMKM 2014

Senin, 24 Nov 2014

JAKARTA (Pos Sore) — Kementerian Koperasi dan UKM akan menggelar Expo Pembiayaan KUMKM 2014 pada 26-27 November 2014 di gedung SME Tower, Jakarta.

Pameran yang mengangkat tema ‘Membimbing Anda Mendapatkan Modal Usaha’ ini berisi layanan konsultasi bisnis perpajakan KUMKM, pembiayaan ekspor, penjaminan kredit, dana bergulir, dan konsultasi keuangan UKM Mitra Bank.

Deputi Bidang Pembiayaan, Choirul Djamhari Phd, menjelaskan, tujuan Expo Pembiayaan untuk lebih memasyarakatkan berbagai produk pembiayaan bagi koperasi, usaha mikro, kecil, dan menengah.

“Selain itu, memperkenalkan produk perbankan yang dapat diakses, serta memberi bekal kepada koperasi dan UKM dalam bidang pembiayaan usaha,” katanya, di Jakarta, Senin (24/11).

Expo Pembiayaan yang digelar untuk ketiga kalinya ini akan dibuka Menteri Koperasi dan UKM, AAGN Puspayoga. Dalam kegiatan ini akan dipaparkan berbagai program dan kebijakan pemerintah di bidang pembiayaan.

Ada sebanyak 61 peserta terdiri dari LKM, lembaga keuangan perbankan, non perbankan, termasuk koperasi simpan pinjam konvensional maupun syariah, serta 20 UKM mitra binaan ikut menyemarakkan expo ini.

“Acara tahunan ini peluang sekaligus momen strategis bagi para peserta, yaitu LKM, koperasi dan perbankan untuk lebih dikenal khalayak ramai,” paparnya.

Dengan keikutsertaan LKM, koperasi, maupun perbankan dalam acara ini diharapkan akan menambah kepercayaan masyarakat bahwa lembaga keuangan tersebut memang sehat dan dikelola dengan manajemen profesional.

Menurutnya, nilai strategis kegiatan ini bagi para peserta maupun pengunjung terutama bagi UMK karena akan mengenal sekaligus mengakses berbagai produk pembiayaan baik dari perbankan dan terutama dari sejumlah Koperasi Simpan Pinjam dan Koperasi Jasa Keuangan Syariah.

“Kegiatan ini membuka peluang intermediasi antara pelaku usaha dengan lembaga pembiayaan sehingga tercipta kemitraan usaha di antara kedua belah pihak,” tambahnya. (tety)