KKP Perkuat Peran Penyuluh Perikanan

JAKARTA (Pos Sore) — Kementerian Kelautan dan Perikanan akan terus memperkuat peran penyuluh perikanan sebagai konsultan, penasehat, dan pendamping masyarakat dalam mengembangkan usaha di bidang kelautan dan perikanan.

“Berkat perannya sebagai agent of change, penyuluh perikanan telah berhasil memacu daya saing masyarakat sehingga produktivitas, mutu, dan efisien usahanya semakin meningkat,” kata Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, usai membuka Gelar Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Kelautan dan Perikanan, di Jakarta, Selasa (2/12).

Keberhasilan itu terlihat dari perubahan kelas kelompok pelaku utama atau usaha hasil dari pendampingan penyuluh perikanan. Pendampingan yang dilakukan juga telah meningkatkan pendapatan masyarakat.

Menteri Susi menambahkan, dalam melakukan pendampingan, penyuluh perikanan dibekali teknologi melalui pemanfaatan cyber extension. Dengan kompetensinya ini mampu mengubah perilaku kelompok pelaku utama dan meningkatkan produktivitas usaha masyarakat.

“Ke depan, peran penyuluh perikanan akan semakin penting dan strategis. Terutama menjelang diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean pada 2015. Masyarakat akan dihadapkan pada persaingan global dan dituntut untuk memiliki daya saing dan nilai tambah,” katanya.

Karenanya, sertifikasi kompetensi para penyuluh perikanan, dan pelaku usaha perlu dipercepat agar siap memasuki MEA. (tety)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share this product!