Bursa Ketua Umum Kowani 2014-2019

Didukung 50 Organisasi Perempuan, Giwo Rubianto Semakin Mantap

Kamis, 4 Des 2014

JAKARTA (Pos Sore) — Sebanyak 50 dari 86 organisasi perempuan anggota Kongres Wanita Indonesia (Kowani) menyatakan dukungannya kepada Giwo Rubianto Wiyogo sebagai Ketua Umum Kowani periode 2014-2019.

Mereka menilai mantan Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) ini memiliki pengalaman berorganisasi yang dapat memajukan perjalanan Kowani ke depan.

Prof. Dr. Masyitoh dari organisasi Aisyiyah, misalnya, berpendapat, Ketua Umum Gerakan Wanita Sejahtera (GWS) itu sangat komunikatif, hubungan relasi juga bagus. “Kami memberikan dukungan juga karena visi yang sejalan dengan visi kami,” katanya.

Neli Ma’arif dari organisasi Persantuan Tarbiyah Islamiyah (Perti) menambahkan, mantan Ketua Kowani itu seorang yang demokratis dan begitu perhatian pada organisasi-organisasi. Selain itu, penyuka kura-kura itu juga seorang pekerja keras dan sangat peduli pada pemberdayaan perempuan.

“Orangnya juga jujur, konsisten, dan transparan,” ujarnya di sela Kongres XXIV Kowani, di Balai Sudirman, Kamis (4/12)

Wakil Ketua Persatuan Wanita Kristen Indonesia (PWKI), Evi, menegaskan, pihaknya sangat mendukung jika Giwo Rubianto sebagai pemimpin Kowani. “Kalau kongres sebelumnya kami mendukung 100%, sekarang dukungan 200%,” tandasnya.

Ketua Umum Perwita, Siti Sulastari, berpendapat, Kowani akan lebih maju jika dipimpin Giwo Rubianto. “Orangnya sangat baik, sabar, dan muda. Kepemimpinan Kowani memang perlu regenerasi,” tegasnya.

Giwo yang mendapatkan dukungan itu tetap merendah hati. “Total suara keseluruhan sebanyak 578. Perkiraan saya akan didukung sebanyak 450 suara. Dukungan ini menjadi penyemangat saya untuk meningkatkan peran Kowani,” kata Ketua bidang Ekonomi dan Koperasi Kowani era Linda Amalia Sari.

Kongres Kowani sendiri berlangsung pada 3-5 Desember 2014. Selain Giwo yang memiliki nama asli Sri Woerjaningsih, kandidat lainnya, Dewi Motik yang merupakan incumbent dan Chooseyana. (tety)