01/06/2020
Aktual

DRN Gelar Dialog Wujudkan Poros Maritim Dunia

JAKARTA (Pos Sore) — Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Indroyono Soesilo, berharap kemampuan para ilmuwan dan para insinyur Indonesia harus ditingkatkan dan dimanfaatkan.

Dengan begitu, penggunaan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) atas segala teknologi dan inovasi yang dihasilkan Indonesia lebih ditingkatkan.

Dikatakan, dalam mengupayakan peningkatan kandungan lokal itu, kita melakukan revitalisasi 198 galangan kapal. Sebanyak 110 di antaranya di Batam sukses dan menyerap 120.000 pekerja.

“Sisanya yang 88 lainnya yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia perlu diberi kebijakan fiskal dan nonfiskal, fasilitas desain, dan penggunaan kapal buatan dalam negeri sehingga TKDN Indonesia bisa meningkat,” katanya.

Mantan Sesmenko Kesra ini menegaskan hal itu usai Dialog Nasional Dewan Riset Nasional (DRN) bertema ‘Kontribusi Strategis Iptek untuk Mewujudkan Poros Maritim Dunia’, di Gedung BPPT, Jakarta, Rabu (10/12).

Ia melanjutkan, begitu pula rencana pembangunan pembangkit listrik 35.000 Mega Watt dalam lima tahun ke depan dan pembangunan kilang minyak, harus benar-benar dikuasai Indonesia untuk mendongkrak TKDN.

Pejabat Sementara Ketua DRN Betti Alisjahbana, mengaku, DRN optimistis untuk menentukan peningkatan TKDN berdasarkan kebutuhan dan inisiatif. Pihaknya berharap, hasil-hasil riset Indonesia dapat digunakan, dihilirisasi, dan bisa dimanfaatkan.

“DRN sendiri menetapkan empat tema besar riset nasional, yakni di bidang pangan, energi, pemanfaatan air, dan maritim,” katanya.

Menurutnya, iptek merupakan kunci sukses perekonomian modern. Negara-negara yang perekonomiannya maju dan masyarakatnya sejahtera selalu didukung oleh intensitas iptek yang dihasilkan oleh penelitian dan pengembangan berbagai sektor. (tety)

Related posts

Jokowi Lantik Ignasius Jonan Sebagai Menteri ESDM, Arcandra Wakil Menteri

Tety Polmasari

Wilfrida Bebas Dari Hukuman Mati

Tety Polmasari

Wajah Gedung Kemnaker RI Sambut 2017

Tety Polmasari

Leave a Comment