Smesco Krenov Fair 2014, Ajang Unjuk Gigi Generasi Muda Indonesia

Kamis, 11 Des 2014

JAKARTA (Pos Sore) – Generasi muda yang berkualitas, tentu akan membangun negaranya menjadi lebih baik dan maju. Keyakinan ini dilontarkan Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah (AAGN) Puspayoga, saat membuka Smesco Krenov Fair 2014 yang diadakan Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil & Menengah (LLP – KUKM), di gedung Smesco UKM.

Karenanya, menkop berharap pameran karya kreatif dan inovatif para pelajar dan mahasiswa serta komunitas-komunitas kreatif Indonesia yang berlangsung hingga 13 Desember ini mampu meningkatkan jumlah wirausaha baru di Indonesia.

“Jumlah wirausaha Indonesia saat ini baru mencapai 1,65 persen atau sebanyak 3,7 juta orang. Untuk dapat dikategorikan sebagai negara maju, kita harus memiliki minimal 2 persen wirausaha dari jumlah penduduk Indonesia. Jadi, minimal ada 5 juta yang perlu terus kita dorong untuk tumbuh dan berkembang,” katanya, Kamis (11/12)

Menurutnya, keterlibatan semua pihak dalam upaya penumbuhan wirausaha baru begitu penting. Pimpinan BUMN dan CEO perusahaan harus terus didorong untuk ikut berpartisipasi membangun semangat-semangat muda generasi penerus bangsa ini.

Puspayoga pun mengajak seluruh pemangku kepentingan di Tanah Air untuk membangun suatu Creative Space bagi para komunitas kreatif di gedung SMESCO dengan nama ‘Galeri Indonesia WOW’.

IMG-20141211-07818(1)

Ia berharap sinergi yang dapat dibangun antara pelaku industri kreatif, mitra strategis dan Pemerintah dalam Galeri Indonesia WOW, yang baru saja diinisiasi ini juga akan diramaikan oleh para pelajar dan mahasiswa, sehingga percepatan penumbuhan para wirausaha baru akan dapat terwujud.

“Saya berharap keterlibatan pihak akademisi dengan pemerintah yang memang sudah berlangsung sebelumnya dengan konsep Triple Helix Model, yaitu Academia, Private Sector dan Government dapat lebih efektif melalui pendekatan konsep Creative Space ini,” harapnya.

Dikatakan salah satu kebijakan pemerintah yang sedang dikembangkan adalah pembangunan klaster yang terkonsentrasi pada masyarakat yang produktif dan kreatif.

IMG-20141211-07824

Menkop meyakini suatu area yang terdiri dari orang-orang kreatif dan memiliki pengetahuan yang baik, merupakan mesin pertumbuhan ekonomi. Keterlibatan masyarakat dan komunitas dalam setiap aktivitas ekonomi juga akan menjamin pemerataan dalam pendayagunaan aset yang dimiliki.

“Saya mengajak kepada para pimpinan perguruan tinggi untuk dapat terus membimbing dan mendorong para mahasiswanya agar meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta keterampilan di bidangnya masing-masing, sehingga dapat membuat suatu karya yang memiliki nilai jual tinggi dan dapat bersaing di pasar global,” tambahnya.

Pameran yang diikuti sejumlah universitas negeri dan swasta seperti Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, Universitas Paramadina, Universitas Bina Nusantara hingga Universita Budi Luhur ini, kata Ahmad Zabadi, Direktur Utama LLP – KUKM, bertujuan untuk memotivasi dan memperluas wawasan, serta kreativitas mahasiswa. (tety)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015