26 C
New York
06/07/2020
Aktual

Pendiri : PD Bukan Partai Keluarga Cikeas

JAKARTA (Pos Sore) — Geger kabar yang saat ini beredar di kalangan kader Partai Demokrat tentang rencana pengangkatan Anie Yudhoyono sebagai salah satu Wakil Ketua Umum PD mendampingi 5 Waketum PD yang sudah ada. Berita itu tercuat pada rapat pengurus PD Kamis lalu.

Beberapa kader daerah yang dihubungi mengatakan jika hal itu diwujudkan maka akan sangat menguatkan posisi dan pemantapan perjuangan partai menuju suksesi nasional pada 2019 mendatang. “Jika terbukti benar maka akan menguatkan posisi tawar PD 2019 nanti,” ujar Lucas Enembe, Ketua DPD PD Papua ketika dihubungi melalui ponsel, Sabtu (13/12).

Menurutnya, duet SBY _ Anie Yudhoyono sangat dibutuhkan kader untuk membesarkan dan merebut kembali kejayaan PD di tahun 2019 nanti.

Namun kabar yang menggemparkan itu disanggah oleh dua Waketum PD, Agus Hermanto dan Johnni Allen Marbun (JAM) ketika dihubungi terpisah. “Tidak benar kabar itu,” ujar Agus. Kabar itu, katanya, tercuat dalam rapat Pengurus Harian Terbatas, Kamis lalu> Tidak ada rencana itu. Yang dibahas hanya program kerja jangka panjang partai, ujarnya.

“Itu hanya joke yang sengaja dilontarkan oleh Ketua Harian PD Syarif Hasan dalam rapat yang dipimpin langsung oleh SBY,” timpal JAM.

Pernyataan para pendiri PD juga beranekaragam. Salah satu pendiri Partai Demokrat Etty Manduapessi menyayangkan hal tersebut. Namun dia mengatakan jika sampai hal itu terwujud, maka semua kader PD bisa memaknainya. Apalagi dengan mencuatnya niat SBY untuk bertarung pada Kongres PD 2015 nanti.

Sebagaimana diberitakan oleh media massa di tanah air, bahwa Susilo Bambang Yudhoyono sedang menyiapkan kekuatan untuk maju lagi sebagai calon Ketua Umum Partai Demokrat.

“Tidak ada alasan yang masuk akal bagi SBY untuk kembali maju menjadi ketua umum periode 2015- 2019 di kongres mendatang. Sebab, sebagai politisi, dia sudah pernah menduduki jabatan puncak sebagai Presiden RI, sehingga akan menjadi aneh jika SBY kembali ingin menjadi ketum.”

Etty mengatakan, saat ini SBY sudah mulai merancang dan mendesain agar pada Kongres PD tahun depan agar bisa kembali terpilih secara aklamasi. Namun pihaknya meminta SBY menyadari bahwa Partai Demokrat bukanlah milik pribadi SBY.

Benarkah SBY adalah pendiri dan penggagas berdirinya PD? Etty secara tegas mengatakan SBY tidak termasuk sebagai pendiri PD tahun 2003 lalu apalagi penggaras. “Dia (SBY) tidak ikut serta. Dia tidak ikut mendirikan Partai Demokrat. Yang mendirikan adalah anggota- anggota Forum Deklarator dan Pendiri Partai Demokrat yang berjumlah 99 orang, Sialakan dilihat pada akte pendirian, tidak ada namanya,” tegasnya.

Yang lebih memiriskan para pendiri, lanjutnya, saat ini PD bak partai keluarga Cikeas. Mulai dari jabatan Ketum, Sekjen, Bendahara Umum dan Waketum sampai jabatan Ketua Fraksi PD DPR-RI dijabat oleh kerabat dekat SBY. “Tidak ada pola seperti itu di partai politik manapun di dunia ini. Tapi semua itu ada di Partai Demokrat yang sedang dipimpin SBY,” tukasnya.

Tidak tepat jika ada yangmengatakan dengan tidak menjabat Presiden, SBY bakal mampu membesarkan PD. “Semasa menjadi presiden dan ketum saja, suara PD sangat anjlok, apalagi kalau tidak menjadi apa-apa lagi? Dimana logikanya kalau dia tidak jadi presiden suara PD akan naik?”

Senada juga dengan Ketua Umum Forum Pendiri dan Deklarator (FKPD) PD Vence Rumangkang yang mengatakan sudah berkali-kali menolak permintaan SBY untuk bertemu dengannya. “Saya ditelepon Syarif Hasan bahwa SBY mengundang saya untuk bertemu. Heran saya, dulu semasa masih menjabat Presiden bisa menelpon langsung kok sekarang harus melalui Syarif,?” katanya.

Untuk itu saya selalu menolak, katanya. Di lain pihak Vence berharap dalam kongres 2015 nanti DPP PD membuka pintu selebar-lebarnya untuk seluruh kader yang ingin maju sebagai ketua umum.

Saat ini kondisi PD sedang sakit, tuturnya sembari menambahkan PD memerlukan resep untuk menyembuhkan partai ini agar dapat berkontribusi untuk bangsa ini. (hasyim)

Related posts

Penuhi Target MEA, LLP-KUKM Kemenkop UKM Andalkan Sektor Lokal

Tety Polmasari

Operasi Binduk Amankan Bandar Narkoba

Tety Polmasari

Sejak Diluncurkan, Satelit LAPAN-A2/ORARI Berfungsi Baik

Tety Polmasari

Leave a Comment