Green Root Minum Nutrisi yang Menyehatkan

Selasa, 13 Jan 2015

PERNAH mencoba triathlon, aktivitas yang melibat 3 cabang olahraga berenang, bersepeda, dan berlari? Ini harus diselesaikan secara beruntun tanpa jeda!

Untuk olahraga berenang jarak yang ditempuh sekitar 750 meter, lalu dilanjutkan dengan bersepeda sepanjang 20km, kemudian berlari sejauh 5 km. Ini dilakukan beruntun dan tanpa jeda. Jadi bisa dibayangkan, untuk mengikuti triathlon ini jelas membutuhkan stamina dan fisik yang kuat, serta nutrisi yang baik. Tentu dengan harus dibarengi dengan latihan yang lebih bagus.

“Olahraga ini kian digemari oleh masyarakat di kalangan olahragawan, bahkan menjadi bagian dari gaya hidup sehari-hari. Terbukti dengan terbentuknya komunitas triathlon buddies. Olahraga ini tidak ada efek sampingnya sehingga menjadi tantangan baru bagi kalangan olahragawan,” papar Danar Wihandoy, seorang yang juga menggemari triathlon, yang ditemui dalam ajang Triathlon di Scientia Square Park, Summarecon Serpong, baru-baru ini.

Menurutnya, salah satu asupan yang dianjurkan dalam olahraga triathlon adalah jus. Jus sangat baik untuk olahraga triathlon ini karena mudah dicerna di dalam tubuh dan kaya ion yang sangat dibutuhkan oleh tubuh saat triathlon.

“Green Root, salah satu jus yang dianjurkan untuk dikonsumsi sebelum, saat, dan sesudah menjalani triathlon. Ini minuman yang 80% persen berasal dari sayuran dan buah organik, yang kaya serat dan vitamin,” katanya.

Luki Wihandoyo, pemerhati dan penggiat makanan organik, memaparkan, serat sangat dibutuhkan bagi tumbuh manusia untuk memperpanjang usia, menjaga kesehatan usus, menurunkan kolesterol, mencegah diabetes, melancarkan pencernaan, menurunkan berat badan, membantu tubuh menyerap nutrisi, dan mencegah serangan jantung.

“Serat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari sebanyak 25 gram – 30 gram untuk mereka dengan asupan 2000 kalori/ hari. Serat hanya dapat ditemui pada makanan yang berasal dari tumbuhan seperti sayur, buah-buahan dan biji-bijian,” papar Luki yang juga pemilik Green Root yang membuka booth dalam ajang Triathlon itu.

Jumlah serat sebanyak 25 gram setara dengan lima kepalan tangan makanan berserat seperti buah atau sayuran. Dari lima kepal serat ini dibagi dalam lima kali waktu makan: saat sarapan, makan siang, makan malam, dan dua kepal serat untuk dua kali waktu ngemil.

Agar kebutuhan serat setiap hari dapat terpenuhi, Luki menyarankan untuk makan sedikitnya 2 jenis buah-buahan dan 1 mangkuk sayuran setiap hari.

Reza Puspo, pendiri Indo Runners — komunitas lari, mengakui keunggulan minuman nutrisi itu. Katanya, kebutuhan seratnya didapat dari Green Root Juice. Serat yang terkandung di dalam jus ini terbilang cukup banyak. Efek yang didapat dari minum kesehatan ini pun dapat langsung dirasakan.

“Saya pernah memberikan Green Root Juice ini kepada kolega saya yang tidak biasa mengkonsumsi serat. Setelah ia meminum Green Root Juice, efeknnya langsung terlihat. Ia bisa buang air besar secara lancar,” terang Reza.

Reza menjelaskan BAB yang lancar menunjukan efek dari fiber yang tinggi dari jus ini. Dari pup ini semua racun yang terkandung di dalam perut dapat dikeluarkan. “Sehingga Green Root Juice ini sangat baik bagi detoksifikasi saluran pencernaan,” tandasnya.

Selain berfungsi sebagai detoksifikasi, Green Root Juice juga bermanfaat untuk menambah stamina tubuh. Beberapa jenis Green Root Juice yang bisa dipakai sebagai detoksifikasi serta menambah stamina tubuh di antarannya Dauntless Green dan Green Boost. (tety)