19.9 C
New York
29/05/2020
Aktual Ekonomi

Dicanangkan Gerakan Sejuta Wirausaha

JAKARTA (Pos Sore) — Angka wirausaha di Indonesia baru 1,65 persen, masih jauh dari standar minimal dunia yang 2 persen. Jika dibandingkan dengan beberapa negara-negara ASEAN, jelas Indonesia tertinggal. Singapura misalnya, negera kecil ini jumlah wirausahanya mencapai 5 persen, begitu pula dengan Malaysia yang 5 persen, dan Thailand yang sekitar 3 persen.

Karenanya, Kementerian Koperasi dan UKM bersama Junior Chamber International (JCI) Indonesia mencanangkan Gerakan Sejuta Wirausaha, Jumat (30/1). Kemitraan ini untuk mencapai rasio 2 persen. Kemenkop UKM memang harus melakukan kemitraan dengan banyak stakeholder, tidak bisa jalan sendiri-sendiri. Termasuk JCI Indonesia.

“Mengapa menggandeng JCI karena organisasi yang diketuai IB Agung Gunarthawa, ini berisi wirausahawan-wirausahawan muda yang sudah mendapat tempat di banyak negara,” kata Menkop UKM AAGN Puspayoga, usai peluncuran gerakan itu, di lantai 2 kantornya.

Menurutnya, JCI Indonesia memiliki pengalaman yang bisa dishare kepada pelaku UKM pemula. JCI nantinya melakukan pendampingan dan pelatihan bagi individu-individu yang berminat menjadi wirausaha pemula atau yang sudah menjadi wirausaha pemula, termasuk di dalamnya pelatihan manajemen perusahaan.

“Pada dasarnya sama, yaitu ingin mencetak lebih banyak orang menjadi wirausaha pemula, dan yang sudah menjadi wirausaha pemula untuk dapat naik kelas. Yang tadinya kelas kecil naik kelas mikro, lalu naik kelas lagi jadi kelas menegah,” tambah President JCI Indonesia 2015, IB Agung Gunarthawa.

Menurutnya, program JCI memiliki kesamaan dengan Kemenkop yakni mencanangkan ‘Gerakan Sejuta Wirausaha’ di Indonesia. Kedua pihak pun saling menyinkronisasikan program kewirausahaan untuk mempercepat terwujudnya rasio 2 persen wirausaha di Indonesia.

“Dalam pelatihan itu kita akan menggembleng mereka agar mampu menjadi wirausaha bermental dunia, terutama dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean 2015,” katanya.

Dengan jumlah 26 Chapter JCI yang tersebar di Jakarta, Bali, Jogjakarta, Solo, Semarang, Medan, Sumatera Barat, Surabaya, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, dan sebagainya, JCI siap melakukan pendampingan bagi para wirausaha pemula di seluruh Indonesia. (tety)

Related posts

MPR RI Siap Lantik Jokowi-JK

Tety Polmasari

PKPU Adakan Lokakarya Pengelolaan Zakat

Tety Polmasari

Top 20 Solutions to Make Your Web page Trustworthy To Your Visitors

Tety Polmasari

Leave a Comment