Thailand dan Malaysia Siap Terima Pengungsi Rohingya

Sabtu, 23 Mei 2015

JAKARTA (Pos Sore) — Setelah sekian lama belum ada kepastian tentang negara mana yang mau menampung para pengungsi Rohingya. Hari ini, Thailand dan Malaysia setelah Menlu Retno Marsudi melakukan pembicaraan dengan pemerintah kedua negera tersebut.

Kondisi keprihatinan yang terjadi di penampungan para pengungsi, Presiden Jokowi mengutus Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk bicara dengan Thailand dan Malaysia membahas masalah pengungsi Rohingya.

“Saya sudah mengutus Menlu Retno beberapa hari lalu untuk bertemu dengan Menlu Malaysia dan Thailand untuk melihat kemungkinan seperti apa mencari jalan keluar untuk seluruh pengungsi,” kata Jokowi di lokasi Ground Breaking Gedung Indonesia Satu, Sabtu (23/5).

“Dan alhamdulillah semua sudah sepakat, kita juga sepakat tapi dengan catatan kita menerima, Malaysia sama, Thailand juga sama,” lanjutnya.

Kabar baik lainnya juga datang dari Myanmar. Kata Jokowi, negara itu juga akan menghambat arus pengungsi‎ supaya tidak terus bertambah.

“Ini saya kira sebuah jalan keluar yang baik karena semua negara mau menerima dari sisi-sisi kemanusian,” sambung Jokowi.

Lantas bagaimana dengan biaya pengungsi di tiap negara yang diprediksi bisa kurang dari setahun? Menurut Jokowi, negara-negara penampung siap mengalokasikan dana. Namun dengan catatan ada juga bantuan dari PBB.

‎”Ini kan tadi saya sampaikan biaya akan ditanggung oleh UN dan beberapa negara yang masih dalam pembicaraan. Kalau itu sudah final, baru kita persiapkan,” tandasnya. (hasyim)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015