KOWANI: dengan Internet Perempuan Indonesia Harus Maju

Minggu, 14 Jun 2015

JAKARTA (Pos Sore) — Kongres Wanita Indonesia (Kowani) bekersama PT XL Axiata Tbk (XL) menggelar Pelatihan bertema ‘Perempuan Indonesia Maju dengan Internet Bersama Sisternet’.

Kowani mengimbau perempuan Indonesia, memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi seluas-luasnya untuk kemajuan diri dan keluarga.

Ketua Koordinator bidang Pendidikan, Iptek, Seni dan Budaya Kowani Prof. Dr. Hj. Masyithoh Chusnan, M.Ag, meminta agar kaum perempuan belajar internet. Di era teknologi seperti sekarang ini, apapun bisa dilakukan dengan internet.

“Mau jualan, mau cari resep, mau konsultasi dokter atau mau baca berita bisa lewat internet,” kata Masyitoh usai pelatihan itu, di kantor Kowani, Jumat (12/6), yang dihadiri pengurus Kowani dan perwakilan anggota dari 86 organisasi anggota Kowani.

Menurutnya, internet menjadi kebutuhan mutlak di era globalisasi saat ini. Dengan internet, perempuan bisa mengakses pengetahuan dan menambah wawasan. Ia mengakui saat ini masih banyak kaum perempuan yang gagap teknologi (gaptek).

“Akibatnya, segala hal dilakukan dengan cara yang sangat konvensional dan membutuhkan waktu lama. Memang sebagian besar anggota Kowani menggunakan telepon seluler canggih, namun fitur-fitur canggih pada telepon seluler tidak dimanfaatkan karena gaptek. Ada juga karena sudah dibantu oleh sekretaris,” paparnya.

Karena itu, Masyitoh menyarankan agar kaum perempuan belajar banyak tentang teknologi. Pemahaman dan penguasaan teknologi ini penting tidak sekadar untuk kebutuhan para perempuan itu sendiri, tetapi sekaligus bisa untuk mendampingi anak-anak dalam kehidupan sehari-hari.

“Namun, harus juga diingat, pentingnya setiap ibu untuk mengawasi dan mendampingi anak-anak saat main internet. Karena jika anak dibiarkan main internet sendiri, informasi apapun bisa dibuka termasuk situs porno,” tandasnya. (tety)