Alfamart Sumbang Bus Pariwisata ‘City Tour’ untuk DKI Jakarta

Jumat, 26 Jun 2015

biss

JAKARTA (Pos Sore) – PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (pemilik jaringan ritel Alfamart Alfamidi) menyerahkan bantuan satu unit bus tingkat yang diterima secara simbolis oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, di Balai Kota Jakarta, Jumat (26/6).

Corporate Affairs Director Alfamart, Solihin menjelaskan, rumitnya proses pengadaan bus ini menyebabkan dibutuhkan waktu cukup lama. “Bus tingkat keluaran Mercedes-Benz ini diproduksi di Jerman dan dirakit di Magelang, sehingga pengerjaannya membutuhkan waktu kurang lebih 6 bulan,” katanya.

Penyesuaian desain dilakukan pada bagian pintu penumpang depan, pintu penumpang tengah, pintu darurat, jumlah kapasitas beban, kapasitas isi tangki, berat kosong, kaca jendela, serta pengadaan lantai dan jok lipat untuk pengguna kursi roda, pendingin ruangan, lampu LED, audio, TV LCD 32”, GPS, dan 5 perangkat CCTV.

“Bus didesain spesifik sesuai dengan standar Bus City Tour yang telah beroperasi, mulai dari kapasitas kursi sampai fasilitasnya,” tambahnya.

Solihin berharap, bus tingkat yang merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) ini, dapat meningkatkan kinerja Pemprov DKI untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. “Semoga pariwisata di Ibu Kota dapat berkembang sebagaimana yang diharapkan,” ujarnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta mengimbau perusahaan swasta untuk berpartisipasi dalam percepatan dan penambahan pelayanan di bidang pariwisata. Merespons hal tersebut, Alfamart menunjukkan kontribusinya dengan menyumbangkan satu unit Bus City Tour Jakarta yang berkapasitas 69 penumpang.

Sejak dioperasikan Februari 2014, Bus City Tour telah memperoleh sambutan positif dari masyarakat, baik warga Jakarta asli maupun wisatawan. Bus ini biasa mengajak penumpangnya mengitari beberapa spot terkenal di Jakarta seperti Museum Gajah, Monas, dan Pasar Baru, secara gratis.

Ahok mengatakan, selama ini tingginya animo masyarakat belum mampu terpenuhi dengan optimal, bahkan tidak jarang warga harus turun dengan raut kecewa karena tidak memperoleh tempat duduk.

“Peminatnya banyak, tapi kapasitasnya terbatas. Dengan adanya tambahan satu unit bus dari Alfamart, tentu akan sangat bermanfaat,” kata Ahok.

Pemberian bantuan ini juga diharapkan mampu mengakomodir tingginya keinginan warga untuk menggunakan Bus City Tour.

“Selain menjadi moda transportasi yang baik, lebih dari itu, kami juga berharap bus wisata ini dapat menjadi icon khas Jakarta, sehingga menarik lebih banyak wisatawan,” ujarnya. (tety)