Disaksikan Ahok, Siswa DKI Terima Kacamata Gratis

Jumat, 26 Jun 2015

JAKARTA (Pos Sore) — Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menerima sebanyak 7.285 kacamata untuk diberikan secara gratis kepada siswa DKI yang kurang mampu. Bantuan kacamata gratis ini donasi dari pengelola jaringan ritel Alfamart Alfamidi PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk dan Yayasan Berani Bhakti Bangsa (YBBB).

“Kami sangat berterima kasih atas bantuan kacamata ini. Memang seharusnya kami bisa lebih peka terhadap kebutuhan para pelajar di Jakarta, termasuk kebutuhan akan kacamata,” kata Basuki di Balai Kota, Jumat (26/6).

Ahok lantas meminta Dinas Pendidikan DKI melakukan pengecekan mata para pelajar secara rutin setiap enam bulan sekali. Diutamakan, untuk anak-anak sekolah yang tidak mampu. Terlebih berdasarkan survei yang dilakukan, rata-rata 40 persen peserta didik di Jakarta menggunakan kacamata.

Jika diketahui terdapat siswa kurang mampu dengan kesehatan mata yang kurang baik, maka sebaiknya dianggarkan untuk pembelian kacamata. Bank DKI akan mentransfer sejumlah uang ke dalam rekening tabungan siswa untuk dibelikan kacamata dengan menggunakan Kartu Jakarta Pintar.

Ahok juga meminta kepada seluruh pihak sekolah, termasuk guru-guru untuk ikut aktif memerhatikan kebutuhan siswa-siswi di sekolah. Jika ditemukan ada anak kurang berprestasi, sepatutnya diperhatikan penyebabnya. Bisa jadi karena penglihatannya yang bermasalah.

“Ke depan, pengadaan kacamata gratis bagi siswa tidak mampu ini sebaiknya bekerjasama dengan yayasan kesehatan, rumah sakit atau toko kacamata agar bisa sekaligus dilakukan pengecekan kesehatan mata untuk anak-anak sekolah secara gratis,” katanya.

Gambir-20150626-01212

Corporate Affairs Director Alfamart, Solihin, mengatakan, pemberian bantuan berupa kacamata serta pemeriksaan mata gratis bagi anak Indonesia tersebut merupakan rangkaian program Bright Eyes Future. Program yang bertujuan untuk memfasilitasi kebutuhan anak-anak yang memiliki gangguan penglihatan jarak dekat.

“Tahun ini, kami akan menyalurkan sebanyak 30.000 kacamata gratis untuk anak-anak di lebih dari 30 kota di Indonesia, termasuk Jakarta. Dengan adanya bantuan ini, diharapkan anak-anak yang memerlukan kacamata semakin giat dalam belajar,” katanya.

Bantuan itu merupakan hasil donasi konsumen Alfamart selama periode I dari Februari hingga 30 April 2015 senilai total Rp6,95 miliar. Melalui pemeriksaan mata gratis yang ditindklanjuti dengan pemberian kacamata gratis bagi yang membutuhkan.

Realisasi penyaluran bantuan hingga Juni 2015 tercatat sebanyak 19.231 kacamata kepada 211 sekolah di wilayah Jabodetabek, Malang, Surabaya, Cirebon, Yogyakarta, Semarang, Serang, Medan dan Batam. Sedangkan penerima donasi terbanyak adalah DKI Jakarta dengan jumlah 7.285 pelajar.

Ketua Yayasan Berani Bhakti Bangsa (YBBB), Henny R. Witdarmono mengatakan kesehatan mata di kalangan anak-anak seringkali luput dari perhatian. Gangguan mata pada anak-anak kerap tidak terdeteksi karena kurangnya kepedulian orang terdekat.

“Ketika memeriksa mata, biasanya baru diketahui bahwa mata anak sudah tidak bekerja dengan optimal sehingga membutuhkan alat bantu kacamata. Sementara penglihatan memegang peranan penting dalam proses belajar,” kata Henny. (tety)