Pancasila Mudahkan Indonesia Capai Tujuan Bangsa

Jumat, 26 Jun 2015

JAKARTA (Pos Sore) – Ideologi begitu penting bagi kehidupan suatu bangsa. Bagi bangsa Indonesia, Pancasila sebagai satu kesatuan yang bulat dan utuh. Sebagai ideologi, Pancasila dapat memberikan arah perjalanan kehidupan suatu bangsa dalam mencapai tujuan bangsa.

Begitu pandangan M. Sianipar dari Danramil Singkawang, dalam diskusi bertema ‘Pancasila Bukan Pilar tetapi Dasar dan Pandangan Hidup Bangsa’, yang diadakan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Singkawang, di aula STKIP Singkawang, Kalimantan Barat, kemarin.

Menurutnya, Pancasila mampu menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapai bangsa dalam kehidupan bersama dengan bangsa-bangsa lain. Selain itu, dapat mewujudkan kehidupan yang harmonis dalam masyarakat majemuk (heterogen).

“Pancasila sebagai dasar negara berarti juga sebagai sumber segala sumber hukum nasional. Artinya semua peraturan perundang undangan harus bersumber dan tidak bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila,” ujarnya di hadapan 90 peserta diskusi.

Ia menegaskan, Pancasila sebagai ideologi negara, nilai-nilai Pancasila diakui kebenarannya dan mendorong bangsa Indonesia mewujudkannya dalam kehidupan berbangsa, bermasyarakat dan bernegara baik dalam bidang poleksosbud.

Andi Syarif, M.Si, mantan Senat Politeknik Tanjungpura, yang menjadi pembicara dalam diskusi itu berpendapat, mahasiswa berperan dalam membangun sistem pertahanan negara. Bagaimanapun kebijakan strategis pertahanan negara bersifat semesta melibatkan seluruh warga negara, termasuk mahasiswa, wilayah, sumber daya nasional yang disiapkan pemerintah.

Sementara itu, Kasad Intel Tri Budi, yang menjadi pembicara dalam diskusi itu, mengajak semua peserta untuk membiasakan mengamalkan sila-sila Pancasila. Seperti hal-hal terkecil antara lain menyanyikan lagu Indonesia Raya dan patuh pada agama masing-masing. (tety)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015