‘12 Menit Untuk Selamanya’: Kowani Ajak Anak Indonesia Penuh Semangat

Senin, 13 Jul 2015

film

JAKARTA (Pos Sore) — Menyambut Hari Anak Nasional 2015 yang jatuh setiap 23 Juli, Dewan Pimpinan beserta Pengurus Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) mengajak sedikitnya 400 orang anak untuk menonton bareng (nobar) film berjudul ’12 Menit Untuk Selamanya’, di Djakarta Theater.

Ruangan Djakarta Theater tampak penuh dengan anak-anak hingga remaja serta ibu dan bapak pendamping. Mereka berasal dari berbagai kalangan, yaitu dari anak-anak jalanan, Komunitas Balarenik, dan anak sekolah SD hingga SMA dari Jabodetabek.

Bukan tanpa alasan organisasi perempuan tertua itu mengajak anak-anak menonton film yang berdasarkan kisah nyata itu. Film yang berdurasi tak seperti judulnya ini banyak mengandung makna positif sehingga layak ditonton oleh anak dan keluarga.

“Di dalam film ’12 Menit’ terkandung nilai dan pembelajaran tentang kedisiplinan, kerja sama, kekompakan, tidak boleh egois, tidak mudah menyerah, dan saling memberi. Film ini juga sangat mengharukan, membuat orang yang menontonnya menitikkan airmata,” papar Ketua Umum KOWANI Dr. Ir. Giwo Rubianto Wiyogo, M.Pd, usai menyaksikan film tersebut sambil menyeka wajahnya.

Bersama para Pengurus KOWANI lainnya di antaranya Sekjen Titien Pamudji, Wasekjen Chamsiar AR, Kabid Humas Ery Simanjuntak, Giwo mengaku sangat terharu menonton film berdurasi sekitar 120 menit itu. Jika ditilik dari judulnya, 12 menit itu adalah waktu yang sangat singkat, tapi sangat berarti bagi masa depan anak bangsa.

“Saya berharap anak-anak rajin beribadah, jadi anak beriman dan bertakwa kepada Allah Swt, berakhlak mulia, dan menjauhi godaan yang merusak dan negatif, demi masa depan yang baik nanti,” tegasnya.

Film ’12 Menit: Kemenangan Untuk Selamanya’ yang ditayangkan perdana pada Januari 2014 ini berkisah tentang anak-anak Bontang, Kalimantan Timur merajut impian untuk maju. Mengangkat kisah grup marching band daerah di Bontang, Kalimantan Timur, yang karena kegigihannya berhasil memenangkan kejuaraan Marching Band Nasional.

Kemenangan ini membuat berbagai konflik para pemainnya terselesaikan dengan mengharubiru. Film yang sangat layak ditonton anak-anak dan keluarga Indonesia.
Pemain dalam film ini antara lain Titi Rajo Bintang, Didi Petet (Alm), Olga Lydia, Hudri, Amanda Sutanto, Noboyuki Suzuki, dan Arum Sekarwangi. (tety)