Menteri Yohana Kampanye ‘Proklamasi Anak Indonesia’

Minggu, 2 Agu 2015

anak

JAKARTA (Pos Sore) – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise, melakukan kampanye bertajuk ‘Proklamasi Anak Indonesia’, di kawasan car free day Hotel Indonesia, Sudirman, Minggu (2/8). Kampanye yang diakuinya sebagai bentuk konkret kepedulian negara terhadap anak-anak Indonesia.

Dalam kampanye itu, menteri menyoroti tiga isu, yaitu kekerasan seksual terhadap anak, perkawinan anak, dan prostitusi anak. Ketiga isu ini jumlahnya terus meningkat dan dampaknya cukup besar karena telah melanggar hakhak anak untuk berkembang.

“Peringatan Hari Anak Nasional menjadi salah satu momen penting yang dapat digunakan untuk kembali mengingatkan kewajiban negara, masyarakat, dunia usaha, danmedia untuk memenuhi hak-hak anak yang selama ini terabaikan dan menumbuhkan kepedulian untuk menciptakan lingkungan yang berkualitas dalm mewujudkan peningkatan perlindungan dan tumbuh kembang anak,” katanya.

Ia berharap kegiatan tersebut dapat menjadi tonggak peringatanyang akan terus berkembang menjadi starting point untuk kerja bersama dan koodiasi antar stakeholder yang bekerja dan peduli pada isu anak-anak.

Menteri Yohana menghimbau seluruh masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan kepedulian terhadap maraknya kasus kekerasan yang menimpa anak-anak Indonesia dengan berbagai modus, baik yang dilakukan oleh orang tuanya sendiri, kawan sebaya maupun orang terdekat dengan anak.

Menurutnya, penanganan secara masif yang melibatkan berbagai pihak perlu dilakukkan guna mengantisipasi timbulnya berbagai kekerasan yang meenimpa anak-anak bangsa ini.

“Mari bersama-sama kita wujudkan lingkungan Indonesia yang anti kekerasan terhadap anak dan rama anak,” tegasnya. (tety)