12.1 C
New York
25/02/2020
Aktual

LAPAN Luncurkan Logo Baru

Desain Logo Baru Lapan_Agung Setiawan

JAKARTA (Pos Sore) — Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) siap menempuh babak baru sebagai satu-satunya lembaga riset penerbangan dan antariksa di Indonesia yang ditandai dengan peluncuran logo baru kepada publik.

Peluncuran logo baru LAPAN dilaksanakan pada 6 Agustus bukan tanpa alasan. Pada 6 Agustus 2013 merupakan waktu ‘lahirnya’ Undang Undang Nomor 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan. Tanggal yang dinisbatkan sebagai Hari Keantariksaan.

Logo baru LAPAN berbentuk wahana antariksa yang sedang meluncur ke arah kanan atas dengan tulisan LAPAN di bagian bawah wahana antariksa. Wahana antariksa tersebut digambarkan dengan empat bentuk eliptik dengan empat ukuran berbeda.

“Secara filosofis, wahana antariksa yang sedang meluncur melambangkan lembaga keantariksaan yang bertekad mencapai cita-cita tinggi menuju Indonesia yang maju dan mandiri,” papar Kepala LAPAN, Prof. Thomas Djamaluddin, di kantor LAPAN, Kamis (6/8).

Thomas menjelaskan, empat bentuk eliptik sekaligus melambangkan empat kompetensi LAPAN yaitu Sains Antariksa dan Sains Atmosfer, Teknologi Penerbangan dan Antariksa, Penginderaan Jauh, dan Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa.

Warna logo baru LAPAN masih mempertahankan warna biru langit sebagai ciri LAPAN sebagai lembaga keantariksaan, serta warna kuning api sebagai lambang semangat pendorong kemajuan dan kemandirian.

Perubahan logo LAPAN melibatkan partisipasi publik melalui tata cara sayembara. Tujuannya, untuk mendengar, mengerti dan memahami aspirasi publik atas citra LAPAN yang telah dibangun selama 52 tahun.

Selain itu, LAPAN ingin melibatkan publik dalam mencapai cita-cita Indonesia yang maju dan mandiri di bidang penerbangan dan antariksa.

IMG-20150806-09660

    pemenang utama, Agung Setiawan, asal Bandung, saat menerima hadiah yang diserahkan Kepala LAPAN, Prof. Thomas Djamaluddin

Sayembara diikuti oleh 2.079 peserta dengan total karya logo LAPAN terima sebanyak 640 desain. Tim juri yang berasal dari para pakar di berbagai bidang serta perwakilan LAPAN kemudian memilih 23 peserta untuk mempresentasikan karya desain logo mereka.

Hasil seleksi akhir menetapkan 1 karya sebagai pemenang utama dan 10 lainnya sebagai pemenang nominasi. Sebagai bentuk apresiasi, LAPAN memberi imbalan hadiah atas ide dan proses kreatif mereka.

Pemenang utama ialah Agung Setiawan yang berasal dari Bandung. Karya desainnya mewakili visi dan misi LAPAN untuk menjadi pusat unggulan penelitian dan pengembangan di bidang penerbangan dan antariksa di Indonesia.

Bersamaan dengan peluncuran logo baru, LAPAN juga memperkenalkan Lagu Mars LAPAN. Lirik lagu tersebut menggambarkan semangat LAPAN untuk terus membangun kemandirian dan menyatukan bangsa Indonesia dengan menguasai iptek penerbangan dan antariksa, serta membuktikan bahwa LAPAN mampu bersaing di kancah dunia. (tety)

Related posts

Jadikan Tasikmalaya Pusat Kekuatan Ekonomi Besar, Kementerian Koperasi dan UKM Siap Berikan Pendampingan

Tety Polmasari

UU Perdagangan didukung 43 PP,Perpres dan Permen

Tety Polmasari

IAEA Evaluasi Implementasi Proyek Kerja Sama Teknik Nasional Periode 2016–2017

Tety Polmasari

Leave a Comment