26 C
New York
06/07/2020
Aktual

Penguasaan IPTEK dan SDM Bentuk Negara Maritim Kuat

JAKARTA (Pos Sore) — Puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke 20 diselenggarakan di Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (10/8).

Peringatan ini bertepatan dengan 20 tahun keberhasilan diterbangkannya pesawat buatan asli Indonesia, N250 Gatotkaca. Keberhasilan penerbangan pesawat tersebut, menjadi semangat dalam pembuatan pesawat transportasi nasional N219 hasil kerja sama LAPAN dan PT Dirgantara Indonesia.

Hakteknas ke-20 pada tahun 2015 ini menekankan pentingnya Inovasi ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) untuk daya saing bangsa, Khususnya pada bidang pangan, energi, dan Maritim sesuai dengan program Nawa Cita Presiden.

“Hakteknas tahun ini diselenggarakan di Kolinlamil dengan tujuan menekankan pentingnya riset penelitian dibidang Teknologi Kemaritiman. Sesuai dengan Tema Hakteknas Tahun ke-20 tahun 2015 yakni Inovasi Iptek untuk daya saing bangsa, diharapkan para riset peneliti lebih semangat dalam berkarya lebih tinggi lagi,” kata Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi, Mohammad Nasir.

Menko Kemaritiman Indroyono Soesilo yang juga hadir dalam acara ini menjelaskan mengenai pentingnya peran pemerintah dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Ia mengatakan, untuk memperkuat SDM dibidang iptek perlu pembangunan SDM yang berkualitas serta infrastruktur litbang yang modern.

Pada peringatan Hakteknas tersebut juga dilakukan pemberian anugrah IPTEK Labdakretya, Prayogasala, wdyapandegatama, Budhipura dan Budhipura Kencana. Setelah itu, dilanjutkan dengan teleconference dengan Bupati Penajam terkait dengan Pembangunan Pusat Penelitian Kelautan dan PT ELNUSA selaku pemilik kapal ECO Green Maintenance Barge di Balikpapan dan adanya prosesi budaya larung.

Acara puncak Hakteknas ini ditutup dengan peluncuran Kapal riset Rigel, Baruna Jaya dan Bawal putih.

Peringatan puncak Hakteknas 2015 ini diikuti oleh Presiden RI ke-3, B.J. Habibie, Menko Kemaritiman, Menteri PANRB Yuddy Chrisnandi, Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin, Kepala LPNK Lainnya, dan duta besar negara-negara sahabat. (tety)

Related posts

Bupati Cianjur Buka Pelatihan Pengelolaan Barang Milik Daerah

Tety Polmasari

Pengamat Imbau JK, Mahfud MD dan Rhoma Irama Cari Partai Lain

Tety Polmasari

DJSN Tuntas Susun Roadmap untuk P3K2 JKN

Tety Polmasari

Leave a Comment