ANRI Adakan Pameran Arsip ‘Ayo Kerja’ 70 Tahun Indonesia Merdeka

Selasa, 25 Agu 2015

JAKARTA (Pos Sore) – Memperingati Hari Kemerdekaan ke-70 Republik Indonesia, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyelenggarakan Pameran Arsip ‘Ayo Kerja’ 7O Tahun Indonesia Merdeka, pada 25-28 Agustus 2015, di Gedung Arsip Nasional RI.

Khazanah arsip yang ditampilkan meliputi arsip persiapan kemerdekaan Indonesia, arsip foto pekerja atau pegawai pribumi di masa lampau, arsip mengenai kebijakan ketenagakerjaan dan arsip-arsip penting mengenai berdirinya republik ini.

“Dengan pameran ini saya berharap, kita bisa belajar tentang sejarah. Yang jauh lebih penting adalah kita bisa menarik pelajaran dari masa lalu. Di sini ada arsip masa kemerdekaan dan arsip setelah kemerdekaan yang memberikan gambaran tentang etos kerja bangsa kita,” kata Kepala ANRI, Mustari Irawan, MPA, di Jakarta, Selasa (25/8).

Pihaknya juga sangat berharap, masyarakat dapat merasakan semangat kerja ‘para pejuang’ di masa kemerdekaan dan setelah kemerdekaan. Dengan semangat kerja dan kegotongroyongan inilah akhirnya masyarakat bisa menikmati pembangunan di segala aspek.

“Dengan melihat sejarah, masyarakat diharapkan tertular juga nilai-nilai karakter bangsa yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Ayo kerja bukanlah slogan semata melainkan satu pergerakan,” tambahnya.

20150825_103249

Dipilihnya arsip masa kemerdekaan dan arsip setelah kemerdekaan, karena untuk memperingati Kemerdekaan ke-70 tahun Indonesia. Momen-momen para pejuang kala itu mengisi kemerdekaan dengan membangun bangsa. Hanya melalui kerja bangsa akan meraih kemakmuran dan kejayaannya. Kerja disini haruslah dengan keinsyafan akan kekuatan dari Persatuan Indonesia.

Kepala Sekretariat Presiden Republik Indonesia Dr. Darmansjah Djumala, M.A. mengapresiasi yang sangat tinggi kepada ANRI yang telah menyelenggarakan pameran ‘Ayo Kerja’ yang terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya ini.

Tema ‘Ayo Kerja’ yang diusung ANRI dalam pameran ini, dinilainya sungguh tepat, karena tema ini menjadi ikon dari HUT Kemerdekaan tahun ini. Icon yang mencerminkan upaya Presiden dan Pemerintah Republik Indonesia untuk senantiasa berbuat dan berkerja sehingga kita dapat melakukan yang terbaik bagi bangsa ini.

“Bagi saya arsip itu adalah perjalanan peradaban bangsa, arsip adalah the telling picture, the telling document seperti kata orang Let us the picture talk to you artinya biarkan gambar-gambar, arsip-arsip ini bercerita kepada kita sekalian tentang peradaban bangsa,” ujarnya.

Indonesia yang kini berusia 70 tahun merdeka ini momentum jembatan emas dalam mewujudkan semua harapan berbangsa dan bernegara. Bangsa yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.

Bangsa yang memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Bangsa yang ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Harapan itu hanya bisa dicapai dengan kerja. Kerja yang dilakukan dengan gotong royong. (tety)

20150825_112614