4.7 C
New York
01/11/2020
Aktual

Pentingnya Medical Checkup

JAKARTA (Pos Sore) — Medical check up (MCU) merupakan pemeriksaan kesehatan yang menyeluruh, yang penting dilakukan bagi setiap orang. MCU sebaiknya dilakukan secara berkala sehingga temuan adanya gangguan atau penyakit bisa ditemukan sedini mungkin.

Pemeriksaaan kesehatan yang bersifat menyeluruh ini jika dilakukan secara rutin mampu menghemat biaya pengobatan keluarga maupun biaya yang dikeluarkan perusahaan. Sayangnya tidak semua orang mau melakukan MCU. Banyak masyarakat Indonesia beranggapan MCU sebagai suatu pemborosan.

“Alasannya cukup bervariasi mulai dari biaya yang mahal, takut ketahuan penyakitnya, takut darah, takut jarum suntik hingga merasa tidak ada gunanya,” jelas Dr Sphatika Ekakarttika, Koordinator Medical Check UP RSU Bunda Menteng, Jakarta, pada media gathering bertema ‘Pentingnya Medical Check Up bagi Pekerja’, di RSU Bunda Menteng, kemarin.

Menurutnya, dengan MCU, kita akan mengetahui lebih dini semua gangguan kesehatan yang mungkin timbul pada seseorang. Jika diketahui lebih dini, tentu penyakit akan mudah diobati dan ini akan jauh lebih menghemat biaya pengobatan yang dikeluarkan individu maupun perusahaan.

“Pada dasarnya setiap orang perlu memeriksa kesehatannya. Idealnya MCU dilakukan secara rutin oleh mereka yang sudah berusia diatas 35 tahun. Minimal MCU dilakukan setahun sekali dengan paket pemeriksaan sesuai risiko dari pekerjaan maupun lingkungan di mana tinggal,” paparnya.

Di RSU Bunda sendiri, MCU dilakukan dengan customized dan profesional. Artinya sesuai faktor risiko dan kebutuhan perusahaan, dilakukan oleh dokter kesehatan kerja dan dokter spesialis patologi klinik. Hasil pemeriksaan kesehatan karyawan benar-benar real dan actual, sesuai apa adanya. (tety)

Related posts

Visi Misi Sugianto Sabran Untuk Kalteng 1 Sejalan Dengan Partai Emas

fenty

Wajah Baru Parlemen Diprediksi Buruk

Tety Polmasari

Prof Subur Budi Santoso : Partai Demokrat Bukan Milik Perorangan

hasyim husein

Leave a Comment