Kemenkop Ajak 27 UKM Ikut Tokyo International Gift Show 2015

Kamis, 3 Sep 2015
Sesmenkop UKM, Agus Muharram, tengah berbincang dengan UKM binaan LLP KUKM Kemenkop dan UKM (SMESCO RumahKU) dalam ajang Tokyo International Gift Show 2015

JAKARTA (Pos Sore) – Sebanyak 27 UKM berkualitas mewakili Indonesia menjadi peserta pameran Tokyo International Gift Show 2015, Jepang. Para UKM yang berasal dari daerah Bali, DI Yogyakarta, NTB, Jawa Barat, Jawa Timur dan DKI Jakarta, ini menampilkan produk-produk seperti aksesoris, tas, craft, fashion, spa, cincin perak, dan batu mulia.

“Beberapa kategori produk yang paling banyak diminati oleh konsumen Jepang, antara lain tas berbahan kulit ular, fashion, cincin perak dan spa,” kata Agus Muharram, Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, di Tokyo, beberapa waktu lalu.

Paviliun Indonesia sendiri menempati area sebanyak 15 booth pameran. Terdiri dari Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perdagangan, Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM Kemenkop dan UKM (SMESCO RumahKU), serta Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Agus mengatakan, keikutsertaan Kementerian Koperasi dan UKM untuk pertama kalinya pada pameran skala Internasional ini memberikan banyak manfaat bagi para pelaku UKM.

“Bisa mengenal potensi dan selera pasar Jepang, menangkap peluang terjadinya transaksi perdagangan sekaligus memotret potensi peserta negara lain mempromosikan produknya ke pasar Jepang,” ujarnya.

Melalui pameran ini, ungkap Agus, para pelaku UKM berharap pasar Jepang akan semakin terbuka bagi produk-produk UKM Indonesia yang memiliki keunggulan tersendiri dari sisi desain, keunikan dan bahan-bahan yang digunakan.‎

Agus menambahkan, kategori pameran yang termasuk dalam Trading (wholesale) ini juga dapat dilakukan penjualan ritel, sehingga selain mendapatkan potential buyer, banyak konsumen yang juga melakukan pembelian satuan. (tety)