1.3 C
New York
27/01/2021
Aktual

PMI Kampanye Gaya Hidup Sehat Bagi 500 PMR

JAKARTA (Pos Sore) — Palang Merah Indonesia (PMI) bekerjasama dengan PT. Indomaret menggelar Kampanye Gaya Hidup Sehat dan Penyakit Tidak Menular bagi 500 Anggota PMR Wira atau setara SMA di Markas PMI Kota Jakarta Timur dan Aula Kecamatan Kramat Jati.

Menurut Ketua PMI Kota Jakarta Timur, H. Kusnoto S.SE, anggota PMR sangat penting untuk mengetahui tindakan pencegahan penyakit dan menghindari hal-hal yang mampu memicu timbulnya berbagai penyakit tidak menular dengan cara yang CERDIK, yaitu Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet seimbang dengan kalori seimbang, Istirahat yang cukup dan Kelola stress

“PMR sebagai garda terdepan PMI dan tunas-tunas muda yang akan menjadi penolong dimasa depan termasuk dalam hal berdonor darah, sehingga mereka perlu tahu bagaiman cara menjaga kesehatan dirinya dengan baik,” katanya, di Jakarta, kemarin.

Kampanye yang dilakukan secara bersamaan dengan kegiatan Pendidikan dan Latihan bagi anggota PMR ini dilaksanakan oleh Fasilitator Kesehatan PMI Kota Jakarta Timur yang sebelumnya telah mengikuti Pelatihan Fasilitator Program Promosi Hygiene dan Kesehatan Masyarakat di Markas PMI Kota Jakarta Timur, beberapa waktu lalu.

Tujuan kampanye itu sendiri untuk memberikan pembelajaran kepada anggota PMR pada khususnya dalam meningkatkan kemampuan mereka untuk dapat menjaga kesehatan dirinya sendiri, keluarga maupun lingkungan sekitarnya.

“Anggota PMR diharapkan mampu mandiri untuk menolong dirinya sendiri, menghindari perilaku tidak sehat yang akan berakibat buruk bagi kesehatannya di masa datang,” harapanya.

Selain itu, mereka juga dapat mengembangkan kegiatan yang bersumber pada masyarakat, sesuai dengan kondisi social budaya setempat dan didukung oleh kebijakan secara internal maupun lingkungannya yang berwawasan kesehatan.

Anggota PMR Wira yang mengikuti kegiatan ini tampak antusias untuk mengetahui jenis penyakit tidak menular yang bisa muncul di antaranya kanker, sakit jantung, penyakit saluran pernafasan kronik dan diabetes melitus.

Penyakit tidak menular ini diakibatkan kurangnya konsumsi buah dan sayur, konsumsi alkohol, kurang melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga secara teratur dan merokok.

Mereka pun diajak untuk mengetahui kondisi kesehatannya dengan mengisi kartu resiko penilaian diri dengan mengukur tinggi badan, berat badan, tekanan darah, lingkar tubuh yang ideal. (tety)

Related posts

Hetifah: Destinasi Kepulauan Dermawan Ada Kemiripan Dengan Wisata Lombok

Tety Polmasari

Kota Tangerang Juara Umum IRSA 2014

Tety Polmasari

MPR Antisipasi LGBT dan Radikalisme

Tety Polmasari

Leave a Comment