Indonesia Tak Memiliki Arah Membangun Bangsa

Senin, 28 Sep 2015

JAKARTA (Pos Sore)— Bangsa Indonesia sudah tidak memiliki arah dalam pembangunan bangsa. Pembangunan pada era reformasi seperti sekarang berdasarkan kepada misi dan visi pemimpin seperti kepala daerah atau presiden.

Akibatnya, kata Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan ketika menerima Presedium Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI), Sugiharto (Ketua Umum ICMI-red), Senin (28/9), pembangunan tidak nyambung antara pemimpin yang satu dengan penggantinya.

“Kepala daerah maupun presiden sama-sama memiliki visi dan misi sendiri,” kata Zulkiflui Hasan.

Ke depan, kata Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) itu, kepala daerah maupun dengan presiden harus harus mempunyai visi dan misi yang sama untuk membangun daerah atau bangsa. Dengan begitu, ada kelanjutan program pembangunan daerah atau bangsa dan negara.

Mantan Menteri Kehutanan tersebut mencontohkan Tiongkok. Menurut Zulkifli Hasan, negara dengan jumlah penduduk paling banyak di dunia itu memiliki program pembangunan hingga 100 tahun ke depan. Dengan program itu maka Tiongkok menjadi negara besar di dunia.

Pada kesempatan itu, Zulkifli Hasan menyambut baik kerjasama ICMI dengan MPR RI. “Kita siap melakukan kerja sama,” kata dia. (akhir)