24.3 C
New York
06/07/2020
Aktual Gaya Hidup

Menkop UKM Dijadwalkan Membuka PPKI 2015

JAKARTA (Pos Sore) – Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga dijadwalkan membuka Pekan Produk Kebudayaan Indonesia (PPKI) 2015 pada 28 Oktober 2015 di Parkir Selatan Senayan, Jakarta. Sementara itu, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani direncanakan menutup PPKI bertema ‘Budaya Kreatif Indonesia untuk Dunia’ ini pada 1 November 2015.

“Mengenai persiapan penyelenggaraan PPKI 2015 sampai saat ini sudah mencapai 95% dan diharapkan H-1 semua akan selesai semua. Diharapkan semua peserta sudah dapat mengisi seluruh produk yang akan ditampilkan,” kata Deputi Bidang Kebudayaan Kemenko PMK, Haswan Yunaz, di Kemenko PMK, Senin (26/10).

Haswan menambahkan, tema ‘Budaya Kreatif Indonesia untuk Dunia’ untuk menunjukan kepada dunia bahwa produk-produk kretaif yang disentuh dengan kebudayaan Indoneisa yang kaya serta beranekaragam dapat bersaing dan mencari incaran bagi kebutuhan masyarakat dunia.

“Pada PPKI 2015 ini kita lebih menekankan pada keunggulan kebudayaan kita dalam menghasilkan produk-produk kreatif yang dapat berdayasaing di dunia, khususnya dalam memasuki perdagangan bebas masyarakat Asean,” ujar Haswan.

Haswan optimis, PPKI akan mampu menarik pengunjung hingga lebih 80 ribu selama gelaran berlangsung. Mengingat produk-produk kreatif yang ditampilkan juga akan diselingi pagelaran budaya. Selain itu, dimeriahkan dengan festival band kreatif yang diikuti sebanyak 40 klub band anak muda.

“Kita akan tampilkan maestro seni lukis Nyoman Gunarsa dan kesenian lain dari berbagai daerah,” tambahnya.

Deputi bidang Pemasaran dan Jaringan Usaha Kemenkop UKM, Emilia Suhaimi, menambahkan sebanyak 250 pelaku usaha kreatif ambil bagian pada even yang bertujuan mempromosikan industri kreatif dari berbagai pelosok tanah air itu.” Produk kreatif eranya mulai terbuka untuk memasuki pasar global,” katanya.

Dikatakan, dari 250 pelaku industri kreatif tersebut masih didominasi oleh industri fesyen dan kriya. Alasannya panitia masih kesulitan untuk mendapatkan peserta dari dari industri arsitektur atau lainnya.

“PPKI 2015 akan menampilkan 16 ikon produk kreatif mulai dari kriya, fesyen, kuliner, animasi, jasa dan sebagainya. Terbagi dalam 3 agenda utama yakni pameran, konfensi dan konsultasi,” tambahnya.

Pelaksanaan PPKI 2015 ini implementasi dari salah satu nilai Revolusi Mental (Integraitas, Etos Kerja, dan Gotong Royong) yang digagas olehg pemerintahan Jokowi-JK. Meski dukungan anggran terbatas, namun dengan semangat kebersamaan dapat diwujudkan suatu penyelenggaraan PPKI yang berkelas dan tidak kalah meriah.

Penyelenggaraan PPKI 2015 ini merupakan tahun terakhir dari implementasi Instruksi Presiden No. 6 tahun 2015 tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif. (tety)

Related posts

‘Kekuatan’ Jokowi Diprediksi Memudar

Tety Polmasari

What You Can Do About Business Starting over the following 2 Mins

Tety Polmasari

Susu Murni, Ini Lima Ciri yang Harus Diketahui

Tety Polmasari

Leave a Comment