Ketua MPR: Indonesia Harus Tingkatkan SDM

Kamis, 29 Okt 2015

JAKARTA (Pos Sore)– Indonesia dan rumpun melayu dengan penduduk cukup besar dan Sumberdaya alam melimpah harus mampu meningkatkan sumberdaya manusia untuk bersaing dalam percaturan ekonomi global.

Menurut Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan, etnis yang mendominasi wilayah Asia Tenggara ini dapat menjadi kekuatan ekonomi ketiga di dunia setelah Amerika Serikat dan Uni Eropa asalkan SDM masyarakat di daerah ini ditingkatkan.

“Melayu bisa menjadi kekuatan ekonomi dunia dengan jumlah penduduk yang begitu besar,” tandas Ketua Umum DPP PAN itu usai membuka ‘Konvensi XVI Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI)’, Selasa (27/10).

Zulkifli menambahkan, kebangkitan umat Islam akan dimulai dari etnis Melayu, terutama yang bermukim di wilayah Asia Tenggara. Hanya saja dia mengingatkan untuk mencapai kekuatan ekonomi dunia itu diperlukan pendidikan yang baik selain persatuan dan kesatuan di antara etnis Melayu.

“Kunci kemajuan suatu bangsa yang ditandai dengan kekuatan ekonomi adalah sumberdaya manusia, bukan sumberdaya alam. Banyak contoh negara yang tidak memiliki sumberdaya alam, namun bisa maju seperti halnya Singapura,” paparnya.

Menteri Kehutanan Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) jilid II ini lalu menyoroti sejumlah negara kaya sumberdaya alam di Timur Tengah. Negara-negara ini karena dilanda perang dan lemah SDM juga membuat ekonomi mereka sulit untuk diharapkan.

Karena itu, kata Zulkifli, Indonesia berpotensi memimpin kemajuan ekonomi etnis Melayu mengingat demokrasi telah berjalan dengan baik. (akhir)